INDONEWS.ID

  • Jum'at, 23/06/2023 14:38 WIB
  • HUT ke-496 DKI Jakarta, Kementerian Dalam Negeri Apresiasi Peran Jakarta dalam Menyukseskan Perpindahan IKN

  • Oleh :
    • Mancik
HUT ke-496 DKI Jakarta, Kementerian Dalam Negeri Apresiasi Peran Jakarta dalam Menyukseskan Perpindahan IKN
Sekjen Kemendagri Suhajar Diantoro mewakili Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian memberikan ucapan selamat ulang tahun pada Kota Jakarta ke-496.(Foto:Puspen Kemendagri)

INDONEWS.ID - Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Suhajar Diantoro mewakili Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian memberikan ucapan selamat ulang tahun pada Kota Jakarta ke-496.

Hal itu disampaikan Suhajar dalam Rapat Paripurna DPRD Provinsi DKI Jakarta yang digelar untuk memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Jakarta.

Baca juga : Panglima TNI Dampingi Presiden RI Kunjungan Kerja Ke IKN

Dalam kesempatan itu, Suhajar mengapresiasi peran DKI Jakarta dalam menyukseskan perpindahan Ibu Kota Negara (IKN) ke Nusantara. Ini selaras dengan tema peringatan HUT ke-496 Kota Jakarta tahun 2023 yaitu “Jadi Karya untuk Nusantara”. Tema tersebut merupakan implementasi slogan Pemerintah Provinsi Jakarta “Sukses Jakarta untuk Indonesia”.

“Saya mengucapkan selamat ulang tahun Kota Jakarta ke-496 tahun 2023 untuk seluruh unsur Pemerintahan Provinsi DKI Jakarta dan seluruh warga Jakarta. Saya berharap di usia yang semakin matang ini, Jakarta semakin maju, warganya semakin sejahtera, toleran dan bermartabat,” kata Suhajar di Ruang Rapat Paripurna DPRD Provinsi DKI Jakarta, Kamis (22/6/2023).

Baca juga : Perkuat Sektor Jasa Keuangan, OJK dan OIKN Menandatangani Rencana Pembangunan Kantor di Nusantara

Suhajar menambahkan, presiden secara resmi menerbitkan Keputusan Presiden terkait dengan pemindahan Ibu Kota Negara (IKN), yang membuat Jakarta tidak lagi berstatus sebagai ibu kota.

Setelah disahkannya Undang-Undang tentang IKN pada 18 Januari 2022, pemerintah pusat telah mempercepat proses pembangunan IKN. Infrastruktur dasar, istana negara, kantor presiden dan wakil presiden, kantor kementerian secara bertahap telah dibangun di Nusantara.

Baca juga : Perusahaan Kontruksi Terbesar Kazakhstan dan Asia Tengah Bersemangat untuk Investasi di IKN

“Ibu Kota Nusantara adalah cita-cita besar bangsa Indonesia, dan kebijakan tersebut haruslah kita dukung secara penuh. Pemindahan Ibu kota tersebut tentu akan memiliki implikasi yang luas bagi DKI Jakarta,” ujarnya.

Sementara itu, Penjabat (Pj.) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono mengatakan, Jakarta terus memperkuat perannya sebagai center of growth dan menjadi barometer kemajuan bagi daerah lain di usianya yang sekarang.

Jakarta diharapkan memberi kontribusi positif bagi pembangunan daerah di Indonesia, termasuk ikut berperan serta dalam menyukseskan perpindahan IKN.

“Mencapai sukses Jakarta untuk Indonesia, diperlukan kerja sama dan dukungan dari semua pihak Pemerintah Provinsi DKI Jakarta harus memperhatikan kebutuhan dan aspirasi masyarakat Jakarta serta memastikan bahwa kebijakan dan program yang diimplementasikan dapat memberikan manfaat,” ungkapnya.

Hal itu selaras dengan yang disampaikan Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi. Tema yang dipilih dalam HUT Jakarta kali ini merupakan bentuk komitmen dari Pemerintah DKI Jakarta dalam menyukseskan perpindahan IKN. Jakarta berusaha memberi kontribusi positif bagi kemajuan pembangunan bangsa.

“Selepas menyandang status ibu kota negara, Jakarta akan bertransformasi menjadi kota global, yang berfungsi sebagai simpul utama jaringan ekonomi dunia, memiliki dampak langsung dan nyata,” tutupnya.*

Artikel Terkait
Panglima TNI Dampingi Presiden RI Kunjungan Kerja Ke IKN
Perkuat Sektor Jasa Keuangan, OJK dan OIKN Menandatangani Rencana Pembangunan Kantor di Nusantara
Perusahaan Kontruksi Terbesar Kazakhstan dan Asia Tengah Bersemangat untuk Investasi di IKN
Artikel Terkini
Situasi keamanan memanas di Port au Prince Haiti, KBRI Havana imbau WNI untuk waspada
Atikoh soal Pendidikan Anak: Menolak Supir Membuka Pintu Mobil untuk Alam Ganjar
Memperkuat Rantai Pasok di Kawasan: Indonesia-Australia Kolaborasi Hilirisasi Industri, Digitalisasi, dan Pendidikan
Februari 2024, Ekspor ke Timor Leste Melalui PLBN Motaain Capai Rp55 Miliar
Perlu Strategi Mengintegrasikan Prinsip Pertahanan dan Diplomasi di Laut Natuna Utara
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas