INDONEWS.ID

  • Selasa, 04/07/2023 23:11 WIB
  • Sultan Najamudin Minta Satgas Sawit Tidak Berlakukan Pajak pada Perkebunan Kelapa Sawit Rakyat

  • Oleh :
    • Mancik
Sultan Najamudin Minta Satgas Sawit Tidak Berlakukan Pajak pada Perkebunan Kelapa Sawit Rakyat
Wakil Ketua DPD RI, Sultan B Najamudin.(Foto:Dok.DPD RI.)

INDONEWS.ID - Wakil ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI Sultan B Najamudin meminta Pemerintah melalui satuan tugas (Satgas) sawit tidak menerapkan pajak dan beban biaya perizinan lainnya pada perkebunan kelapa sawit rakyat.

Hal ini disampaikan Sultan guna mendorong tingkat partisipasi masyarakat petani Kelapa Sawit di daerah untuk melaporkan data luas lahan perkebunannya kepada satgas sawit.

Baca juga : Wapres Minta Percepat Bangun Pabrik Kelapa Sawit di Manokwari

"Kami minta Keinginan pemerintah untuk meningkatkan penerimaan atau pendapatan negara melalui industri kelapa sawit tidak justru membebani masyarakat petani Kelapa Sawit. Satgas sawit tentu memiliki tujuan yang baik bagi tata kelola kelapa sawit masyarakat petani," ujar Sultan melalui keterangan resminya pada media, Selasa (04/07/2023).

Sultan mengakui, potensi penerimaan negara dari sub sektor perkebunan kelapa sawit sangat besar. Namun letak masalah rendahnya penerimaan negara dari industri sawit bukan pada sektor hulu, apalagi pada perkebunan kelapa sawit rakyat.

Baca juga : 3,3 Juta Ha Lahan Sawit Diputihkan, Sultan Najamudin: Perburuk Citra Komoditas Sawit Indonesia

"Petani yang mengelola 6,9 juta hektar lahan perkebunan sawit rakyat belum sepenuhnya mendapatkan apresiasi dari negara. Terutama karena sawit tidak lagi menjadi komoditas penerima pupuk subsidi dan hak peremajaan sawit rakyat yang masih mandek," tegas Sultan.

Akibatnya, sambungnya mantan Wakil Gubernur Bengkulu itu, produktivitas sawit kita sangat rendah dibandingkan negara-negara tetangga. Sementara di yang sama pemerintah terus berupaya meningkatkan penerimaan negara dari sub sektor perkebunan kelapa sawit.

Baca juga : Pemerintah Anggarkan DBH Sawit 3,4 T ke Daerah, Sultan: Tidak Cukup Untuk Perbaiki Infrastruktur Jalan Tani

"Kami harap pemerintah melalui satgas sawit tidak hanya fokus pada penerimaan negara, tapi lebih dari memberitahu insentif fiskal yang memadai kepada masyarakat pelaku industri perkebunan kelapa sawit rakyat di daerah", tutupnya.

Diketahui, Keputusan Presiden Nomor 9 Tahun 2023 tentang Satuan Tugas Peningkatan Tata Kelola Industri Kelapa Sawit dan Optimalisasi Penerimaan Negara dibentuk oleh presiden untuk dapat memberikan penanganan dan peningkatan tata kelola industri kelapa sawit serta penyelesaian dan pemulihan penerimaan negara dari pajak dan bukan pajak pada industri kelapa sawit.*

Artikel Terkait
Wapres Minta Percepat Bangun Pabrik Kelapa Sawit di Manokwari
3,3 Juta Ha Lahan Sawit Diputihkan, Sultan Najamudin: Perburuk Citra Komoditas Sawit Indonesia
Pemerintah Anggarkan DBH Sawit 3,4 T ke Daerah, Sultan: Tidak Cukup Untuk Perbaiki Infrastruktur Jalan Tani
Artikel Terkini
Tanggapi Tuduhan Ade Pencuri, Lawyer Gaul: gak Cocok sama Faktanya
Terus Bermanuver Menuju Pilkada NTT, Cagub Ardy Mbalembout dan Irjen Jonny Asadoma Gelar Pertemuan Tertutup di Jakarta
Tamini Square Gelar Festival Soto dan Masakan Nusantara
Dituduh Curi Iphone, Ade Laporkan AA ke Polres Jaksel
PNM Terus Bekali Nasabah dengan Teknologi Digital
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas