INDONEWS.ID

  • Minggu, 16/07/2023 19:17 WIB
  • Festival Seni dan Bazaar MSI Dapat Apresiasi Anggota Wantimpres dan Menteri PPPA

  • Oleh :
    • luska
Festival Seni dan Bazaar MSI Dapat Apresiasi Anggota Wantimpres dan Menteri PPPA

Jakarta, INDONEWS.ID - Mitra Seni Indonesia (MSI) menggelar festival seni dan bazaar, menampilkan  keaneka ragaman seni budaya Nusantara serta produk UMKM dalam rangka memeriahkan Hari Ulang tahun DKI ke 496 , hari Anak nasional sekaligus Hari keluarga MSI yang berakhir  Minggu (16./7/2023) ditutup oleh Staf Khusus Menteri PPP Samuel Watimena.

Festival ini mendapat apresiasi berbagai kalangan , diantaranya anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres)Sidarto Danusubroto  dan Menteri PPPA I Gusti Ayu Bintang Darmawati Puspayoga melalui sambutan tertulis yang disampaikan Staf Khusus Menteri PPPA Samuel Watimena. Menurut Wantimpres Sidarto Danusubroto, kehidupan berbangsa dan bernegara  akan tentram, damai bersatu dan semakin maju jika seni budaya terus dibina dan dikembangkan. Karena itu Sidarto  Danusubroto menilai kegiatan Festival Seni dan Bazaar yang diselenggarakan MSI degan menampilkan berbagai budaya Nusantara akan merajut persatuan dan kesatuan bangsa. Wantimpres Sidarto Danusubroto memberikan apresiasi , karena festival budaya tidak hanya sebagai ekspresi para pelaku seni tetapi lebih luas festival ini menjadi  wahana membangun  hubungan dengan komunitas sejenis untuk memperkuat seni dan budaya.

Baca juga : Kementerian PPPA Beri Apresiasi Para Tokoh Perempuan Penerima Penghargaan Seni dan Budaya MSI

Sementara itu Menteri PPPA dalam sambutan tertulis yang dibacakan Staf Khusus Menteri PPPA Samual Watimena,mengatakan kegiatan festival seni ini menjadi sangat penting dan strategis, karena disamping berfungsi sebagai wadah bertemunya  pelaku dan pencinta serta pemerhati seni juga sebagai fungsi edukasi.Dikemukakan Samuel Watimena ,salah satu sumber daya yang harus digali dan ditingkatkan kreatifitasnya adalah seni. Istilah seni identik dengan keindahan,dan imajinasi.

Sementara itu, Ketua Umum Mitra Seni Indonesia Sari Ramdani mengatakan,festival yang berlangsung selama 4 hari mengambil tema Betawi, Batak dan Nusantara beserta festival kolintang menuju UNESCO.Dikemukakkan Sari Ramdani, festival seni dan Budaya ini sempat terhenti selama dua tahun akibat pandemi. , namun kegiatan Mitra Seni tidak pernah padam, karena dapat dilaksanakan melalui luring.

Baca juga : MSI Gelar Seni Budaya Memeriahkan Forum Konfederasi Organisasi Wanita ASEAN (ACWO Forum dan Expo)

Pada kesempatan itu, Ketua Panitia FSB 2023 Irma Boedi mengatakan, dalam FSB ini ditampilkan 6 talkshow, 7 fashion show dan lebih dari 20 penampilan musik dan tari tradisional., selain itu MSI juga mengajak yayasan Syndrome Down Indonesia  menampilkan seni yang dibawakan anak anak penderita down syndrome.Selain itu ada peragaan busana yang dikenakan ibu dan anak atau oma dan cucu jelas Irma Boedi.Ketua Panitia FSB 2003 Irma Boedi berharap Bazaar ini dapat menjadi ajang kolaborasi seni budaya dan karya Nusantara.

Festival Seni dan Budaya yang berlangsung 4 hari didukung BRI , sekalgus sebagai upaya memberikan kesempatan kepada UKM untuk memperluas pemasaran.
Kegiatan ii dihari berbagai tokoh seni dan budaya diantaranya kepala Galeri Nasional  Pustanto selaku Penasehat MSI dan SriHarmoko salah seorang Pendiri MSI dan KetuaDewan Pengawas  MSI. 

Baca juga : Irjen Kemendagri Tomsi Tohir Tekankan Pentingnya Perkuat APIP dan APH di Daerah

Sekilas mengenai Mitra Seni Indonesia (MSI)

Mtra Seni Indonesia (MSI) adalah perkumpulan yang bersifat nirlaba dan non politik dan berbadan hukum.  MSI didirikan pada tanggal 9 Agustus 2007.MSI merupakan wadah bagi pemerhati atau pencinta dan pelaku seni untuk bersama2 mengembangkan talenta dalam berkesenian.

Mitra Seni Indonesia didirikan oleh Ir.Sanyoto Sastrowardoyo (alm), ibu Susrinah Sanyoto dan Ibu Sri Harmoko. Saat ini anggota MSI berjumlah hampir 958 orang.

Mitra Seni Indonesia memiliki berbagai kelompok pelatihan diantaranya angklung,arumba,  kolintang, tangklung, paduan suara, seni lukis, karawitan, tari tradisional, line dance, olah vokal dan terbuka bagi masyarakat yang mencintai seni.

 

Artikel Terkait
Kementerian PPPA Beri Apresiasi Para Tokoh Perempuan Penerima Penghargaan Seni dan Budaya MSI
MSI Gelar Seni Budaya Memeriahkan Forum Konfederasi Organisasi Wanita ASEAN (ACWO Forum dan Expo)
Irjen Kemendagri Tomsi Tohir Tekankan Pentingnya Perkuat APIP dan APH di Daerah
Artikel Terkini
Dituduh Curi Iphone, Ade Laporkan AA ke Polres Jaksel
PNM Terus Bekali Nasabah dengan Teknologi Digital
Hari Ulang Tahun ke 15 Kabupaten Maybrat Diwarnai Peluncuran Program PAITUA
Bupati Tanah Datar Serahkan Santunan BPJS Ketenagakerjaan
Dianggap "Lahan Tak Bertuan", Sekolah Sering Jadi Tempat Penyemaian Ideologi Radikal
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas