INDONEWS.ID

  • Minggu, 27/08/2023 22:52 WIB
  • Pelaku Seni Dukung Ganjar, Resmikan `Extravaganjar Rumah Kita XVG` Bidik Kaum Milineal

  • Oleh :
    • rio apricianditho
Pelaku Seni Dukung Ganjar, Resmikan `Extravaganjar Rumah Kita XVG` Bidik Kaum Milineal

Jakarta, INDONEWS.ID - Satu lagi relawan Ganjar Pranowo terbentuk, kali ini relawan tersebut kumpulan para musisi yang menamakan diri "Extravaganjar". Relawan tersebut mengenalkan rumah aspirasi para seniman itu "Rumah Kita XVG" yang akan menjaring pemilih milineal.

Seniman musik yang mengukuhkan diri sebagai tekawan Ganjar Pranowo, pasti digawangi musisi pula. Adi Adrian keyboardist KLA Project dikukuhkan sebagai Ketua Extravaganjar, dan selaku Sekjen Fendy Mugni lebih dikenal di dunia politik. Musik dan politik dipadukan komunitas tersebut tercermin dari pengurusnya.

Baca juga : Kawal Musrenbang di Riau, Kemendagri Tekankan Pentingnya Pembangunan Berbasis Partisipatif

Mereka memutuskan memberi dukungan ke capres Ganjar Pranowo bukan tanpa sebab, menurut Extravaganjar melalui Adi mengatakan, sosok Ganjar mereka nilai orang yang tepat untuk membawa seni kreatif makin berkembang di Indonesia. Saat ini memang seni kreatif sudah mendapat perhatian dari pemerintah, namun pemerintah belum melirik seni sebagai penghasil devisa negara. 

"Lihat saja Korea Selatan, Amerika, Singapura maupun negara lainnya yang melihat seni sebagai penhasil kekuangan negara. Seniman kita memang banyak tampil di luar negeri namun mereka jalan sendiri-diri dan pemerintah belum terlalu mendorong para seniman kreatif tampil di luar negeri", kilahnya.

Baca juga : Eks Karyawan PT FICC Tuntut Pesangon, Dermawan Salihin terus Mangkir di Sidang PKPU

Di Extravaganjar banyak musisi tergabung disana, ada Once Markel, Andrea Hehanussa, Sari Koeswoyo, Tina Toon, Chica Koeswoyo, Aldo Sianturi Ade Andrini, Oleg Sanchabactiar, Ida Arinurti, dan masih banyak musisi ternama lainnya.

Sementara lagu kebanggaan komunitas tersebut "Hitam Putih Garis Garis" karya Anang Hermansyah dan Mazdjo Pray, syairnya muda dicerna dan musiknya enerjik. Lagu tersebut memang disasar untuk kaum milineal yang punya gairah untuk berkembang.

Baca juga : Partisipasi Delegasi Indonesia di UNEA-6, Nairobi, Kenya Berjalan Sukses

Seperti yang diungkap Adi, di "Rumah Kita XVG" mereka siap membimbing para musisi muda, para kreatifitas seni, musisi senior di "Rumah Kita" siap menularkan pengetahuan musik dan seni kreatifitas buat kaum milineal yang ingin berkreasi.

Menurutnya, Extravanganjar bukan sekedar mendukung Ganjar sebagai Presiden 2024 tapi mereka juga memberi solusi dan masukan bagaimana nantinya pemerintah mengupayakan seni kreatiftas menjadi sumber devisa negara.

"Selama ini musisi belum dipayungi aturan yang jelas terkait royalti, banyak musisi yang belum memperoleh jaminan dari royalti karya mereka. Maka nanti kita mendorong pak Ganjar membuat aturan terkait royalti, ini masih kita bahas dan nanti kita sodorkan ke pak Ganjar Pranowo", tandas Adi.

Selain meresmikan "Rumah Kita XVG", mereka juga meluncurkan slogan 'Lanjut, Gan', dan 'Extravanganjar, Gerak Cepat'. Komunitas ini membidik kaum milineal maka slogannya pun menggunakan bahasa kekinian yang biasa diucapkan kaum X, V, dan G.

Para musisi senior seperti Once dan Andre Hehanussa menghibur masyarakat di sekitar 'Rumah Kita XVG', di jalan Tangkas Baru, Setiabudi, Jakarta Selatan. Usai dua penyanyi senior naik di atas panggung, disusul penyanyi pendatang baru seperti Jolin Marine, Venny Asyita, Lawang Pitu, grup metal 'Akhir'. Dari pop sampai musik koplo tampil di panggung sama, mendukung Ganjar Pranowo Presiden 2024.

Artikel Terkait
Kawal Musrenbang di Riau, Kemendagri Tekankan Pentingnya Pembangunan Berbasis Partisipatif
Eks Karyawan PT FICC Tuntut Pesangon, Dermawan Salihin terus Mangkir di Sidang PKPU
Partisipasi Delegasi Indonesia di UNEA-6, Nairobi, Kenya Berjalan Sukses
Artikel Terkini
Nilai Ekspor Sumsel Maret 2024 Naik 12,94 Persen
Pj Gubernur Agus Fatoni Terus Lakukan Upaya Kembalikan Status Sandara SMB II Palembang Menjadi Bandara Internasional
Warung NKRI Digital, Cara BNPT Kolaborasikan Pencegahan Radikalisme dan Terorisme di Era Digitalisasi
Bahas Revitalisasi Data, Pj Bupati Maybrat Rapat Bersama tim Badan Pusat Statistik Setempat
Mendagri Atensi Keamanan Data Pemilih pada Penyelenggaraan Pilkada Serentak 2024
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas