INDONEWS.ID

  • Rabu, 04/10/2023 08:03 WIB
  • Lantik Eselon III Ditjen Bina Pemdes, Sekjen Kemendagri Tegaskan Pentingnya Perkuat Posyandu

  • Oleh :
    • luska
Lantik Eselon III Ditjen Bina Pemdes, Sekjen Kemendagri Tegaskan Pentingnya Perkuat Posyandu

Jakarta, INDONEWS.ID - Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Suhajar Diantoro melantik tiga pejabat eselon III Direktorat Jenderal (Ditjen) Bina Pemerintahan Desa (Pemdes). Dirinya menekankan pentingnya memperkuat fungsi Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu).

Suhajar mengatakan, pelantikan tersebut sudah sesuai dengan Surat Keputusan (SK) Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian. "Jadi kita sedang mengisi jabatan eselon III, sudah proses dan alhamdulilah tiga orang ini disetujui, jadi proses eselon III itu ada pengusulan dari eselon I, begitu pula Dirjen yang lain, begitu pula eselon I yang lain masing-masing mengusulkan eselon III-nya," katanya di Ruang Sidang Utama Gedung A, Kantor Pusat Kemendagri, Selasa (3/10/2023).

Baca juga : Kemendagri Ajak Pemda Wujudkan Visi Indonesia Emas 2045

Dalam arahannya, Suhajar mengatakan, Ditjen Bina Pemdes mempunyai sejumlah pekerjaan yang harus segera diselesaikan dengan baik, termasuk dalam bidang perencanaan. "Jadi harus bekerja serius karena pangkal dari kesalahan atau kebenaran itu ada di perencanaan," ujarnya.

Selain perencanaan, Suhajar juga menyinggung pentingnya memperkuat Posyandu. Upaya ini terus dilakukan Kemendagri salah satunya melalui unit kerja yang dimiliki Ditjen Bina Pemdes. Pemerintah, kata dia, bercita-cita semakin memajukan layanan primer kesehatan seperti Posyandu. "Jumlahnya (Posyandu) sekitar 172 ribu lebih, artinya kalau desa kita jumlahnya 78 ribu sedangkan Posyandu 172 ribu, maka satu desa ada dua atau tiga Posyandu, minimal ada satu. Nah, apabila layanan kesehatan dimajukan di Posyandu insya Allah bisa meng-cover seluruh rakyat Indonesia," ungkapnya.

Baca juga : Mendagri Atensi Keamanan Data Pemilih pada Penyelenggaraan Pilkada Serentak 2024

Suhajar menyadari hal itu merupakan pekerjaan yang tak mudah, terutama dalam memenuhi jumlah petugas kesehatan di masing-masing Posyandu. "Satu Posyandu diperkirakan petugas kesehatannya bisa tiga, tiga kali 172 ribu, berarti mengurus lebih kurang hampir 500 ribu kader Posyandu yang ada, yang akan membantu Bapak Presiden melayani kesehatan sampai ke ujung-ujung terdepan Indonesia," tegasnya.

Sebagai tambahan informasi, pejabat eselon III yang dilantik tersebut di antaranya Yose Rizal sebagai Kepala Bagian Perencanaan pada Sektretariat Ditjen Bina Pemdes; Raden Roro Dervy Diana sebagai Kepala Subdirektorat Fasilitasi Kerja Sama, Lembaga Pemerintah Desa dan Badan Permusyawaratan Desa; serta Raden Kunrat sebagai Kepala Subdirektorat Fasilitasi Lembaga Posyandu pada Direktorat Fasilitasi Lembaga Kemasyarakatan dan Adat Desa, Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga dan Posyandu.

Baca juga : Kemendagri Serahkan DP4 kepada KPU sebagai Bahan Penyusunan DPT Pilkada Serentak 2024

 

Artikel Terkait
Kemendagri Ajak Pemda Wujudkan Visi Indonesia Emas 2045
Mendagri Atensi Keamanan Data Pemilih pada Penyelenggaraan Pilkada Serentak 2024
Kemendagri Serahkan DP4 kepada KPU sebagai Bahan Penyusunan DPT Pilkada Serentak 2024
Artikel Terkini
TOZO Memperkenalkan Deretan Produk Inovatif Terbaru: TOZO Open Buds Sebagai Flagship
Perayaan Hari Ulang Tahun ke 15 Kabupaten Maybrat
SMP Islam Al Azhar BSD Raih juara 1 Tari Tradisional di Spanyol
Tanggapi Tuduhan Ade Pencuri, Lawyer Gaul: gak Cocok sama Faktanya
Terus Bermanuver Menuju Pilkada NTT, Cagub Ardy Mbalembout dan Irjen Jonny Asadoma Gelar Pertemuan Tertutup di Jakarta
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas