INDONEWS.ID

  • Kamis, 23/11/2023 18:36 WIB
  • Kepala BSKDN Kemendagri Yusharto Huntoyungo Apresiasi Kinerja Pemkab Karo Persiapkan Pemilu 2024

  • Oleh :
    • Mancik
Kepala BSKDN Kemendagri Yusharto Huntoyungo Apresiasi Kinerja Pemkab Karo Persiapkan Pemilu 2024
Kunjungan kerja ke Kabupaten Karo bersama Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI).(Foto:Puspen Kemendagri)

INDONEWS.ID - Kepala Badan Strategi Kebijakan Dalam Negeri (BSKDN) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Yusharto Huntoyungo mengapresiasi kinerja Pemerintah Kabupaten Karo Provinsi Sumatera Utara (Sumut) yang telah mempersiapkan pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 dengan baik.

"Kami mencatat bahwa persiapan berikut kesiapan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karo sudah baik untuk pelaksanaan Pemilu 2024. Untuk itu, kami menyampaikan apresiasi atas kerja-kerja yang sudah dilakukan Pemkab Karo," ungkap Yusharto saat melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Karo bersama Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) pada Rabu, 22 November 2023.

Baca juga : Ramadan Milik Semua: Melewati Pemilu 2024 Menuju Indonesia Harmoni

Lebih lanjut, Yusharto mengatakan, Pemilu yang berhasil adalah Pemilu yang dapat berlangsung secara aman, tertib, dan berjalan sesuai dengan aturan yang berlaku. Untuk mewujudkan hal tersebut diperlukan kerja sama antara penyelenggara Pemilu seperti Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) dengan para stakeholder perlu terus ditingkatkan.

"Koordinasi Forkopimda (Forum Koordinasi Pimpinan Daerah) dengan pelaksana Pemilu KPU, berikut Bawaslu perlu ditingkatkan dari waktu ke waktu sehingga tidak ada hal yang menjadikan pelaksanaan Pemilu dan Pilkada itu terganggung dari sisi keamanan dan ketertibannya," terangnya.

Baca juga : Mendagri Beberkan Dukungan Pemerintah dalam Menyukseskan Pemilu 2024

Sementara itu, guna meningkatkan partisipasi pemilih dalam Pemilu 2024, setiap pemerintah daerah (Pemda) termasuk Pemkab Karo diimbau untuk meningkatkan sosialisasi Pemilu kepada masyarakat.

Sosialisasi yang dilakukan secara masif diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat untuk berpartisipasi dalam Pemilu terutama pemilih pemula yang rentan menjadi sasaran praktik politik uang.

Baca juga : Massa Gempar Demo Tolak Hak Angket DPR di Gedung DPR/MPR RI, Ini Pesan yang Disampaikan

"(Terkait pemilih pemula) dari Dukcapil mengatakan lakukan terus upaya sosialisasi setelah perekaman (e-KTP), setidak-tidaknya potensi yang sudah dicatat sekitar 8 ribu lebih pemilih pemula mendapatkan informasi yang jelas dan terpercaya mengenai Pemilu," tambahnya.

Dalam kesempatan tersebut, Yusharto berharap persiapan pelaksanaan Pemilu 2024 tidak akan mengganggu jalannya berbagai kegiatan pembangunan yang telah diagendakan, tetapi justru dapat berjalan beriringan dengan baik.

"Kami akan terus bersama-sama dengan bapak dan ibu untuk menyukseskan Pemilu tahun 2024," pungkasnya.*

Artikel Terkait
Ramadan Milik Semua: Melewati Pemilu 2024 Menuju Indonesia Harmoni
Mendagri Beberkan Dukungan Pemerintah dalam Menyukseskan Pemilu 2024
Massa Gempar Demo Tolak Hak Angket DPR di Gedung DPR/MPR RI, Ini Pesan yang Disampaikan
Artikel Terkini
PTPN IV Regional 4 Salurkan 94 Bantuan Stunting di Muara Bulian
Feby Longgo, Ketua Kelompok Mekaar Merasa Beruntung Usaha Semakin Maju Dan Bisa Membantu Sesama
Penyanyi Cilik Viral Etenia Croft merilis single pertamanya Lagu "Sahabat"
Hardiknas, KSP: Momentum Percepatan Sertifikasi Guru
Traktat Pandemi Diharapkan Lindungi Manusia di Masa Datang
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas