INDONEWS.ID

  • Sabtu, 02/12/2023 12:28 WIB
  • Penetrasi Kekuatan Negara di Era Pasca-Reformasi dan Nasib Demokrasi Konstitusional RI

  • Oleh :
    • luska
Penetrasi Kekuatan Negara di Era Pasca-Reformasi dan Nasib Demokrasi Konstitusional RI

Oleh: Muhammad AS Hikam

Sejatinya, akhir-akhir ini sudah semakin benderang bagaimana intensitas penetrasi kekuasaan Istana pada batang tubuh perpolitikan Indonesia. Paling mutakhir, MK, KPK, KPU, untuk menyebut tiga lembaga yg seharusnya memiliki independensi, kini ditengarai semakin dalam diinfiltrasi oleh eksekutif.

Baca juga : Konflik Megawati VS PJ Memasuki Babak Baru?

Proses penetrasi kekuatan negara ini berjalan efektif melalui appropriasi yang dibarengi dengan upaya pelemahan kelembagaan negara. Kenapa strategi ini sukses? Salah satu penjelasannya adalah karena masyarakat politik Indonesia (MPI), yang idealnya mampu melindungi lembaga2 negara melalui fungsi pengawasan yg dimilikinya itu, sudah lama berhasil di tarik masuk dan dijinakkan Istana melalui sistem kartelisasi parpol dan parlemen yang menjadi "trade mark" dari sistem politik Indonesia  di pasca-reformasi.

Tetapi kesuksesan penetrasi Istana juga disumbang oleh pelemahan masyarakat sipil Indonesia (MSI) melalui pengaturan2  dan kebijakan publik terkait akses atas sumberdaya, khususnya yg terkait dg ekonomi dan distribusi kesejahteraan publik. Para anggota MSI, utamanya di lapisan menengah ke bawah, telah dibuat semakin tergantung kepada "belas kasihan" dan patronisasi negara lewat program2 populis. Akibatnya, kemandirian ekonomi, politik, dan sosial mereka juga cenderung menurun.

Baca juga : Membaca Fenomen "Gibran" Dan Masa Depan Sistem Demokrasi Indonesia

Penetrasi negara di era pasca-reformasi memiliki karakter yang berbeda dengan era Orba, tetapi dengan "end game" yg kurang lebih sama: Kembalinya model sistem politik otoriter dan tergerusnya sistem politik demokrasi konstitusional.

Jika karakter Orba adalah hegemoni dan korporatisasi negara, maka di era pasca-reformasi adalah melalui oligarki dan kartelisasi politik. Model korporatisasi negara ditinggalkan sebagai strategi mobilisasi kekuasaan, digantikan dengan penggelaran pengaruh yg luas dari oligarki dalam ekonomi politik masyarakat.

Baca juga : Laporan Hasil Survey Paling Lucu Dalam Sejarah

Secara kasatmata, model ini tampak lebih "legitimate" karena penampakan formal praktik2 yg demokratis, namun sejatinya secara substantif sangat dipertanyakan. Demokrasi formal yg sebenarnya merupakan tahapan menuju demokrasi substansial yg terkonsolidasi, akhirnya macet dan dianggap sebagai keberhasilan.

Lebih jauh, penerimaan (acceptability) thd kekuasaan dlm bentuk popularitas publik dr negara akan digunakan sebagai indikator kesuksesan sistem. Walhasil, stabilitas sistem pun dicitrakan telah berhasil dipertunjukkan kepada masyarakat dan dunia internasional!

Konsolidasi kearah sistem politik otoriter kemudian mendapatkan momentumnya, termasuk upaya penggelaran dan pemantapan kekuasaan melalui politik dinasti yang dipertontonkan oleh elit politik saat ini.

Akankah upaya tsb berhasil terwujud pasca Pilpres 2024? Kita saksikan saja babak selanjutnya! 

(https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=pfbid0vKSRkGyBHFS7iHvgn2q5jG3HMPTbt6it7NNuKR9C24tz5QbCmxgLFSms6ucoFphxl&id=1345432199&mibextid=Nif5oz)

Artikel Terkait
Konflik Megawati VS PJ Memasuki Babak Baru?
Membaca Fenomen "Gibran" Dan Masa Depan Sistem Demokrasi Indonesia
Laporan Hasil Survey Paling Lucu Dalam Sejarah
Artikel Terkini
KI Pusat Mantapkan Sinergi dengan Media dalam Mengawal Informasi Publik
Direktur GKI Beri Materi Kewirausahaan untuk Pelajar SMKS Bina Mandiri Labuan Bajo
Menjadi Tulang Punggung Pengembangan Usaha Ultra Mikro Indonesia, PNM Ikuti 57th APEC SMEWG
Tiga Orang Ditemukan Meninggal Akibat Tertimbun Longsor di Kabupaten Garut
Pimpin Proses Penyiapan dan Percepatan Keanggotaan Indonesia pada OECD, Presiden Joko Widodo Tunjuk Menko Perekonomian sebagai Ketua Tim Nasional OECD
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas