Omdia: Pendapatan dari perangkat lunak AI generatif di Asia dan Oseania akan lebih dari $18 miliar hingga tahun 2028

LONDON, 17 April 2024 /PRNewswire/ -- Sejak munculnya ChatGPT, pengembangan dan penerapan AI Generatif (GenAI) terus meningkat pesat dengan luar biasa di Asia dan Oseania, produk baru Omdia,  AI Generatif di Asia & Oseania – 2024: Menurut laporan demokratisasi melalui lokalisasi, pendapatan dari perangkat lunak untuk GenAI di wilayah ini diperkirakan mencapai $3,4 miliar sebelum akhir tahun 2024, namun mungkin akan melampaui $18 miliar pada tahun 2028.

Tiongkok, Jepang, dan Korea Selatan unggul sebagai contoh terdepan dibandingkan pasar-pasar lain untuk pengembangan GenAI. Dengan memanfaatkan infrastruktur AI yang  terlokalisasi, data, dan sumber daya manusia, vendor di pasar-pasar ini mengembangkan model GenAI dengan kemampuan banyak bahasa, sangat memahami budaya lokal, dan mematuhi persyaratan hukum setempat. Bersama-sama, vendor dari ketiga pasar tersebut memiliki lebih dari 300 model dasar, semuanya dikembangkan untuk berbagai aplikasi seperti chatbot dan asisten virtual, analitik video, pengembangan game dan perangkat lunak, kendaraan otonom dan robot, dan banyak lagi.

"Asia dan Oseania  memiliki beberapa vendor paling ambisius di industri AI dan menciptakan berbagai solusi lengkap. Perusahaan seperti Alibaba, Baidu, Huawei, Tencent, SK Telecom, dan KT sedang mengembangkan chip, infrastruktur, kerangka kerja, layanan, dan solusi AI berpemilik di komputasi awan, dengan visi untuk menciptakan produk dan layanan GenAI yang benar-benar berbeda dan disesuaikan dengan konteks regional," kata Lian Jye Su, Chief Analyst, Applied Intelligence di Omdia.

Selain pasar-pasar tersebut, India dan Singapura juga meraih kemajuan di bidang AI. Vendor India seperti Ola, Sarva AI, Tech Mahindra, dan CoRover.ai sedang mengembangkan Large Language Model (LLM) yang mendukung teks dan suara dalam bahasa Hindi, Inggris, dan berbagai bahasa daerah. Sementara itu, baru-baru ini Singapura meluncurkan serangkaian LLM yang telah dilatih dan disempurnakan dengan instruksi, yaitu Southeast Asian Languages in One Model (SEA-LION), yang dikembangkan bersama oleh AI Singapore, A*STAR, dan AWS. SEA-LION dirancang untuk berbagai bahasa di Asia Tenggara, termasuk Bahasa Indonesia, Bahasa Melayu, Thailand, dan Vietnam. Singapura juga bermitra dengan Google Cloud dan Microsoft Azure untuk memberikan solusi pelatihan dan pengembangan GenAI kepada perusahaan setempat.

Omdia mengamati bahwa sebagian besar perusahaan di Asia dan Oseania kurang memiliki keahlian pengembangan GenAI dan sulit bersaing dengan vendor teknologi besar maupun perusahaan rintisan untuk mendapatkan personel AI. Pengembang solusi GenAI dan penyedia layanan di Asia dan Oseania harus menyadari rumitnya menciptakan solusi GenAI regional dan menggunakan sumber daya yang tepat untuk membantu klien mereka memenuhi persyaratan kedaulatan data.

"Pada akhirnya, kami akan berfokus pada lokalisasi GenAI dan kedaulatan data untuk mencapai kedaulatan AI. Kini Asia dan Oseania memahami perubahan paradigma yang dihasilkan GenAI dan mulai menyarankan pengembangan GenAI yang benar-benar selaras dengan identitas, karakteristik, dan kebutuhan suatu negara Karena itu, pemerintah perlu bekerja sama dengan pemasok dan pengguna akhir teknologi GenAI untuk membangun ekosistem dan infrastruktur AI lokal," Su menyimpulkan.

TENTANG OMDIA

Omdia adalah bagian dari Informa Tech, sebuah kelompok penelitian dan penasihat teknologi. Pengetahuan kami yang mendalam tentang pasar teknologi beserta wawasan kami yang dapat ditindaklanjuti memampukan berbagai perusahaan membuat keputusan yang cerdas tentang pertumbuhan.

Fasiha Khan Fasiha.khan@omdia.com

Logo - https://mma.prnasia.com/media2/2369794/4642853/Omdia_Logo.jpg?p=medium600