Microsoft Investasikan $1,5 Miliar Pada G42 Abu Dhabi Untuk Percepat Pengembangan AI dan Ekspansi Global

  • Investasi strategis ini akan memperkuat posisi UEA sebagai pusat AI global dan memberikan peluang lebih besar bagi para mitra dan pelanggan untuk berinovasi dan berkembang.
  • G42 dan Microsoft akan bekerja sama untuk memastikan bahwa manfaat teknologi AI yang aman dan kemampuan komputasi awan dibagikan secara bertanggung jawab dengan pertumbuhan ekonomi global.
  • Vice Chair dan Presiden Microsoft, Brad Smith, akan duduk di Dewan G42.
  • Kedua perusahaan akan mendukung pembentukan dana sebesar $1 miliar bagi para pengembang.
  • Kemitraan ini mencakup Intergovernmental Assurance Agreement (IGAA) pertama di saat kedua pihak berkomitmen terhadap standar terdepan dunia dalam hal keselamatan dan keamanan AI.

ABU DHABI, UEA dan DALLAS, 17 April, 2024 /PRNewswire/ -- G42 adalah perusahaan induk teknologi Kecerdasan Buatan (AI) yang terdepan di UEA. Hari ini, G42 dan Microsoft mengumumkan investasi strategis oleh Microsoft pada G42 sebesar $1,5 miliar. Investasi ini akan memperkuat kerja sama kedua perusahaan dalam menghadirkan berbagai teknologi AI terbaru dan inisiatif keahlian Microsoft ke UEA maupun negara-negara lain. Sebagai bagian dari perluasan kemitraan ini, Brad Smith, Vice Chair dan Presiden Microsoft, akan bergabung dengan Dewan Direksi G42. 

From left to right: Brad Smith, Vice Chair and President of Microsoft; HH Sheikh Tahnoon bin Zayed Al Nahyan, Chairman of G42; Peng Xiao, Group Chief Executive Officer of G42
From left to right: Brad Smith, Vice Chair and President of Microsoft; HH Sheikh Tahnoon bin Zayed Al Nahyan, Chairman of G42; Peng Xiao, Group Chief Executive Officer of G42

Kerja sama yang diperluas ini akan memampukan semua perusahaan di pasar-pasar baru untuk memetik manfaat AI dan komputasi awan serta memastikan bahwa mereka menggunakan AI yang mematuhi standar keselamatan dan keamanan terdepan di dunia.

Berdasarkan kerja sama G42 dan Microsoft yang telah lama terjalin di bidang AI dan inisiatif transformasi digital, investasi Microsoft semakin memperdalam komitmen timbal balik terhadap kemitraan strategis ini. G42 akan menjalankan aplikasi dan layanan AI di Microsoft Azure, dan bermitra untuk menghadirkan solusi AI yang canggih kepada klien sektor publik dan berbagai perusahaan besar di dunia. G42 dan Microsoft juga akan menghadirkan infrastruktur AI dan digital canggih ke negara di Timur Tengah, Asia Tengah dan Afrika, agar semua negara tersebut mendapatkan layanan yang setara dalam mengatasi berbagai masalah penting yang dihadapi pemerintah dan bisnis serta memastikan standar tertinggi atas keamanan dan privasi. 

Kata H.H. Sheikh Tahnoon bin Zayed Al Nahyan, Pimpinan G42: "Investasi Microsoft di G42 merupakan momen penting dalam proses pertumbuhan dan inovasi G42, yang menandakan kesesuaian strategis atas visi dan pelaksanaan antara kedua perusahaan. Kemitraan ini membuktikan nilai-nilai dan aspirasi bersama untuk mencapai kemajuan, dengan mendorong kerja sama dan sinergi lebih besar di seluruh dunia." 

Kemitraan ini juga akan mendukung pengembangan kumpulan karyawan berbakat dan tenaga kerja AI yang terampil dan beragam, sehingga akan mendorong inovasi dan daya saing bagi UEA dan wilayah lebih luas melalui investasi dana pengembangan sebesar $1 miliar untuk pengembang.  

"Kedua perusahaan akan bekerja sama di UEA sekaligus menghadirkan AI dan infrastruktur serta layanan digital ke negara-negara yang kurang terlayani," kata Brad Smith, Vice Chair dan Presiden Microsoft. "Kami akan menggabungkan teknologi kelas dunia dengan standar terdepan di dunia untuk AI yang aman, tepercaya, dan bertanggung jawab, melalui koordinasi erat dengan pemerintah UEA maupun Amerika Serikat." 

Kemitraan komersial ini didukung oleh jaminan kepada kedua pemerintah melalui perjanjian yang pertama di jenisnya untuk menerapkan berbagai praktik terbaik kelas dunia guna memastikan pengembangan dan penerapan AI yang aman, tepercaya, dan bertanggung jawab. Microsoft dan G42 akan bekerja sama dan meningkatkan kerangka keamanan dan kepatuhan infrastruktur internasional bersama. Kedua perusahaan akan berkomitmen untuk mematuhi undang-undang dan peraturan tentang perdagangan A.S. dan internasional, keamanan, AI yang bertanggung jawab, dan integritas bisnis. Upaya terkait topik-topik ini diatur oleh Intergovernmental Assurance Agreement IGAA) yang terperinci antara G42 dan Microsoft, yang dikembangkan melalui konsultasi yang cermat dengan pemerintah UEA dan A.S. 

Kata Peng Xiao, Group Chief Executive Officer G42 : "Melalui investasi strategis dari Microsoft, kami memajukan misi kami untuk menghadirkan teknologi AI yang mutakhir dan berskala besar. Kemitraan ini akan jauh lebih meningkatkan kehadiran kami di pasar internasional, menggabungkan kemampuan AI yang unik milik G42 dengan infrastruktur global yang kuat milik Microsoft. Bersama-sama, kami akan memperluas cakrawala operasional sekaligus menetapkan standar industri baru untuk inovasi." 

Samer Abu-Ltaif, Corporate Vice President dan Presiden Microsoft kawasan Eropa Tengah dan Eropa Timur, Timur Tengah dan Afrika, menambahkan: "Investasi kami pada G42 merupakan bukti tentang bidang teknologi yang berkembang dan dinamis di UEA maupun wilayah yang lebih luas. Kemitraan strategis ini sangat tepat untuk membuka peluang bagi pelanggan dan mitra kami, mempercepat inovasi, dan mendorong pertumbuhan ekonomi. Bersama G42, kami akan memperkenalkan teknologi mutakhir yang akan memampukan berbagai negara dan pasar untuk memajukan agenda digital mereka dengan memanfaatkan kekuatan komputasi awan dan AI." 

Kerja sama G42 dan Microsoft telah berkembang melalui beberapa pencapaian penting dalam setahun terakhir. Termasuk rencana bersama yang diumumkan pada bulan April 2023 untuk mengembangkan solusi AI yang disesuaikan bagi sektor publik dan industri, dengan memanfaatkan ekosistem mitra yang luas dan kemampuan komputasi awan milik Microsoft. Bulan September 2023, kedua perusahaan ini menandatangani perjanjian untuk menyertakan penawaran komputasi awan yang berdaulat dan bekerja sama guna membuka potensi kemampuan AI yang canggih di platform komputasi awan publik di Azure. Terakhir, di bulan November 2023, Microsoft mengumumkan kehadiran Large Language Model (LLM) Jais bahasa Arab di G42 di penawaran Model-as-a-Service (MaaS) Komputasi Awan AI baru di Azure. 

Tentang Microsoft 
Microsoft (Nasdaq "MSFT" @microsoft) memungkinkan transformasi digital untuk era komputasi awan AI dan komputasi edge AI. Misi Microsoft adalah memampukan setiap orang dan setiap perusahaan di dunia untuk mencapai lebih banyak hal.

Tentang G42
G42 adalah holding group teknologi, perusahaan terdepan di dunia dalam menciptakan kecerdasan buatan yang visioner demi masa depan yang lebih baik. Didirikan di Abu Dhabi dan beroperasi di seluruh dunia, G42 memelopori AI sebagai kekuatan yang dashyat bagi kebaikan di berbagai industri. Mulai dari biologi molekuler hingga penjelajahan ruang angkasa dan semuanya, kini G42 mewujudkan berbagai kemungkinan eksponensial.
Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi www.g42.ai

Kontak media

Untuk Microsoft Microsoft Media Relations, WE Communications for Microsoft, (425) 638-7777
rapidresponse@we-worldwide.com

Untuk G42 Ulviyya Hasanzade, Director of Corporate Communications, G42
ulviyya.hasanzade@g42.ai

Foto - https://mma.prnasia.com/media2/2388101/G42_Microsoft_Signing.jpg?p=medium600
Logo - https://mma.prnasia.com/media2/2388100/G42_Logo.jpg?p=medium600