Jaksa Agung: Smart Embassy KBRI Singapura Wujud Nyata Negara Hadir Bagi Warganya

Oleh : hendro - Jum'at, 27/07/2018 11:50 WIB

Jaksa Agung RI H.M. Prasetyo didampingi Dubes RI Ngurah Swajaya saat meninjau pelaksanaan smart embassy

Singapura, iNDONEWS.ID - Di sela-sela kunjungan resmi ke Singapura, Jaksa Agung RI H.M. Prasetyo, menyempatkan diri untuk berkunjung ke KBRI Singapura, Kamis (26/7/2018) kemarin.

Dalam kunjungan tersebut, Prasetyo, meninjau fasilitas pelayanan publik KBRI Singapura serta mengapresiasi terobosan pemanfaatan teknologi digital #SmartEmbassy KBRI Singapura untuk perlindungan WNI dan diplomasi ekonomi.

Prasetyo mengatakan, #SmartEmbassy KBRI Singapura adalah wujud nyata, bahwa negara hadir bagi warganya.

Sebelumnya #SmartEmbassy KBRI Singapura juga sudah mendapatkan apresiasi dari  Presiden RI, Joko Widodo pada pembukaan Raker Kepala Perwakilan RI di Gedung Pancasila, Februari lalu.

Loading...

Dubes RI Ngurah Swajaya menjelaskan bahwa #SmartEmbassy terus dikembangkan sebagai aplikasi teknologi untuk meningkatkan perlindungan/pelayanan WNI dan diplomasi ekonomi. 

Berkolaborasi dengan starts up Glexindo dari Bandung, diplomasi ekonomi dikembangkan menjadi aplikasi market place dari kontak menjadi kontrak, khususnya untuk memungkinkan akses pasar seluas-luasnya di luar negeri bagi produk ekspor andalan Indonesia yg dipamerkan di showcase virtual #SmartEmbassy. 

Didampingi Duta Besar Ngurah Swajaya, Jaksa Agung RI, Jaksa Agung H.M Prasetyo juga melakukan peninjauan pelayanan warga di KBRI Singapura, mulai dari pengurusan passport dan visa, pelayanan pelaut dan pekerja migran Indonesia. Sebagai catatan, KBRI Singapura melayani rata2 200-300 warga setiap harinya.

Selain mengapresiasi terobosan KBRI yg tahun lalu menerima sertifikat Wilayah Bebas Korupsi (WBK), Jaksa Agung, H.M. Prasetyo melakukan dialog dg warga dan memperoleh kesan kepuasan atas pelayanan yg cepat dan ramah KBRI Singapura.

Lebih lanjut Jaksa Agung, berharap terobosan seperti ini hendaknya menjadi inspirasi bagi jajarannya untuk melakukan terobosan untuk memanfaatkan teknologi guna meningkatkan efektivitas pelaksanaan tugas Kejaksaan RI.(hdr)

Artikel Terkait