Bisnis

Jamin Harga Tiket Pesawat Murah, Kemenhub Larang Maskapai Gunakam Tusla

Oleh : Ronald Tanoso - Kamis, 16/05/2019 04:20 WIB

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi tak mengizinkan maskapai penerbangan memberlakukan tuslah atau tambahan pembayaran pada momen mudik Lebaran 2019.

Jakarta, INDONEWS.ID - Untuk menjamin harga tiket pesawat tak semakin melonjak bagi calon penumpang, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi tak mengizinkan maskapai penerbangan memberlakukan tuslah atau tambahan pembayaran pada momen mudik Lebaran 2019.

"Kami kan melihat penumpang maskapai dalam keadaan berat ya, jadi kami tidak perkenankan mengambil tuslah. Untuk sekarang kami tidak izinkan tuslah," ujar Budi, Rabu (15/5/2019).

Sebelumnya, banyak diberikan media cetak maupun elektronik, masyarakat terus mengeluhkan harga tiket yang kian melambung sejak akhir 2018 lalu sampai sekarang.

Hal ini juga yang akhirnya membuat Kementerian Perhubungan menurunkan tarif batas atas (TBA) sebesar 12 persen - 16 persen.

Keputusan itu akan dicantumkan dalam surat keputusan (SK) yang rencananya terbit Rabu (15/5) malam. Kemudian, penyesuaian oleh maskapai mulai dilakukan pada Kamis (16/5).

Menteri Budi menilai pendapatan maskapai penerbangan tak akan bermasalah, meski tak mengizinkan perusahaan memberlakukan tuslah. Sebab, tingkat keterisian pesawat pada momen tersebut dipastikan penuh untuk tujuan pulang dan pergi.

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, di mana saat momen mudik Lebaran tingkat keterisian kursi pesawat hanya penuh ketika berangkat dari Jakarta. Sementara, mayoritas kursi kosong ketika pesawat kembali ke Jakarta.

"Kalau dulu ada tuslah kan biasanya pas pulang (kursi) kosong. Sekarang tidak kosong lagi kok, saya contoh pulang ke Palembang, Palembang ke sini penuh. Orang yang mau ke Jakarta juga banyak," tandas Budi. (rnl)
 

Artikel Terkait