Pojok Istana

Bertemu Jokowi, BJ Habibie Berikan Ucapan Selamat

Oleh : Ronald - Jum'at, 24/05/2019 20:35 WIB

Mantan Presiden ke 3 Republik Indonesia, BJ Habibie bertemu dengan Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka, Jakarta pada Jumat (24/5/2019). Pada pertemuan tersebut, BJ Habibie memberikan ucapan selamat serta memberikan dukungan atas pemerintahan Jokowi di periode selanjutnya.

Jakarta, INDONEWS.ID - Mantan Presiden ke 3 Republik Indonesia, BJ Habibie bertemu dengan Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka, Jakarta pada Jumat (24/5/2019).

Pada pertemuan tersebut, BJ Habibie memberikan ucapan selamat serta memberikan dukungan atas pemerintahan Jokowi di periode selanjutnya.

"Saya mengucapkan selamat pada Pak Presiden, Insya Allah bisa melanjutkan program sesuai rencana dan kita semua mendukung supaya terlaksana," ujar BJ Habibie.

Dalam kesempatan tersebut, BJ Habibie juga menegasakan bahwa persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia serta stabilitas proses pemerataan dan masa depan bangsa tidak dapat ditawar.

"Itu harga mati, siapa saja yang memimpin dan sedang memimpin, tidak hanya memimpin yang memilihnya saja tapi seluruh bangsa Indonesia. Apa kita harus ambil risiko yang menghambat pembangunan?" ungkap Habibie.

Dirinya juga menepis jika ada anggapan dari sejumlah pihak yang menyamakan kondisi Republik ini sama seperti pada masa era reformasi di tahun 1998.

"Its not true," tegasnya.

Sebagai informasi, Presiden Jokowi dan BJ Habibie terakhir kali bertemu pada Agustus 2018. Saat itu, Jokowi menjenguk Habibie yang sedang dirawat di RSPAD Gatot Subroto seusai melakukan kegiatan di berbagai kota di Indonesia.

Selain itu, pada Januari 2019, Jokowi juga melakukan video conference dengan Habibie yang saat itu tengah menjalani pengobatan di Jerman.

Sementara itu beberapa hari yang lalu,  Habibie juga memberikan pesan kebangsaan mengenai hasil pemilihan umum lewat tayangan video yang disiarkan The Habibie Center. Dalam tayangan itu, Habibie berpesan agar ketidakpuasan atas hasil Pemilu diselesaikan lewat jalur konstitusional

Untuk diketahui,  pertemuan Jokowi dengan BJ Habibie merupakan serangkaian pertemuan Jokowi dengan para mantan kepala negara RI sebelumnya.

Pada tanggal 21 Mei 2019 lalu, Presiden Jokowi bertemu dengan Wakil Presiden ke-6 Try Sutrisno dan Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri.

Pertemuan itu dilangsungkan beberapa jam usai Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengumumkan hasil Pemilu 2019 yang diikuti dengan beberapa kerusuhan di pusat kota. (rnl)

Artikel Terkait