Budaya

Wisata Kuliner Jogja yang Selalu Bikin Kangen Liburan ke Sana

Oleh : budisanten - Jum'at, 12/07/2019 18:50 WIB

Ke Jogjakarta tanpa melakukan wisata kuliner sepertinya ada yang kurang. Tengok 5 destinasi wisata kuliner Jogja di atas. (foto : pesona indonesia)

Jogjakarta, Indonews. Id - Jogja punya sejuta pesona dan banyak hal ngangenin yang selalu bikin pengen kembali lagi dan lagi ke kota ini. Berbagai cara bakal ditempuh kalau sudah kangen dengan kota ini. Apalagi kalau kangennya ke aneka kuliner yang rasanya tak akan ditemukan di tempat lain selain di Jogja.

Kehabisan tiket kereta atau pesawat pun juga tak jadi masalah. Karena selalu ada PO Agra Mas yang menjadi andalan untuk bus jurusan Jakarta Jogja. Terlebih sekarang informasi PO Agra Mas di situs Traveloka.com sudah update, jadi makin mudah mencari tiket untuk mencicipi kuliner kesayangan di Jogja.

Buat anda yang baru pertama kali main ke Jogja, berikut adalah beberapa rekomendasi kuliner yang wajib dicoba di kota berhati nyaman ini.

Gudeg

Sudah pasti, makanan wajib yang wajib dicoba di Jogja adalah gudeg. Makanan yang terbuat dari nangka muda yang diolah dengan santan ini memiliki cita rasa manis dan gurih. Biasanya gudeg disajikan dengan krecek, telur atau ayam. Disantap hanya dengan nasi saja pun rasa makanan ini sudah enak.

Banyak pilihan gudeg yang tersedia di Jogja. Mulai dari gudeg yang buka pagi, hingga yang baru membuka gerai tengah malam, semua ada. Pilih saja yang paling dekat dengan tempat anda menginap, dijamin, sama lezatnya.

Tengkleng

Suka dengan makanan olahan daging kambing, maka anda harus mencoba tengkleng khas Jogja. Yang paling terkenal adalah Tengkleng Gajah yang berada di kawasan Jl Kaliurang dan Tengkleng Kambing Bhenjoyo yang berada di Jl Parangtritis.

Nikmatnya menyantap tulang sumsum dan daging kambing yang masih menempel di tulangnya yang disajikan bersama nasi panas, pasti bikin ketagihan. Harga makanan ini pun terjangkau, dan beberapa warung menyediakan porsi yang cukup buat berdua. Tertarik mencoba?

Oseng Mercon

Buat pecinta pedas, oseng mercon wajib dicoba. Banyak warung yang menyediakan makanan ini, namun yang paling banyak dicari adalah Oseng Mercon Bu Narti yang berada di Jl KH Ahmad Dahlan. 

Sajian yang satu ini terbuat dari potongan lemak dan kikil yang dimasak dengan cabe super banyak. Membuat cita rasa pedasnya nendang seperti letusan mercon. Mau makan di sana atau dibawa pulang buat oleh-oleh, oseng mercon sudah tersedia dalam kemasan kalengan yang bisa dibawa ke mana-mana, termasuk ke luar negeri!

Bakmi Jawa

Makanan khas Jogja yang tidak kalah lezat adalah Bakmi Jawa. Mau varian kuah atau goreng, keduanya sama - sama nikmat ketika disantap saat makan siang atau makan malam.

Banyak pilihan bakmi jawa yang bisa ditemukan di Jogja, namun yang paling banyak diburu adalah Bakmi Jawa Mbah Gito, Bakmi Kadin dan Bakmi Pak Pele. Jika ingin menjajal dari tempat  lain, tak masalah karena hampir semua bakmi jawa di Jogja itu sama enaknya.

Mangut Lele Mbah Marto

Yang satu ini sudah sangat legendaris dan bertahan hingga puluhan tahun. Meski tempatnya sangat jauh, di jalur menuju Pantai Parangtritis, namun warung Mangut Lele Mbah Marto tak pernah sepi pengunjung.

Jika jauhnya Jakarta Jogja saja rela ditempuh dengan PO Agra Mas, tentu rela juga untuk menambah waktu perjalanan menuju warung ini. Kenikmatan rasanya, tidak akan anda temukan di tempat lain. Demikian pula dengan sensasi makan di rumah sederhana milik Mbah Marto, tak terlupakan.

Sudah pesan tiket ke Jogja? Beli sekarang, sebelum air liur menetes membayangkan semua makanan khas kota ini. (bs) 


 

Loading...

Artikel Terkait