Nasional

Menteri Siti Pastikan Tidak Ada Asap Datangi Negara Tetangga

Oleh : luska - Senin, 09/09/2019 19:06 WIB

Jakarta, INDONEWS.ID - Pemerintah melalui Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Siti Nurbaya memastikan tidak ada asap yang menyeberang ke negara tetangga, sepanjang tahun ini. Selain itu pihaknya juga telah menyegel 19 konsesi lahan perkebunan yang diduga sengaja melakukan pembakaran hutan.

"Gambaran hotspot yang kita pantau kira-kira sejak tanggal 4 dan 5 September. Sejak saat itu telah dipastikan bahwa hingga saat ini tidak ada asap yang melintas (Transboundary Haze) dari Indonesia ke negara tetangga," kata Siti, Senin (9/9/2019).

Ada pun langkah pemadaman di lapangan terus dilakukan di semua titik kebakaran baik di Kalimantan, Jambi, Riau dan Sumatera Selatan. Termasuk menyegel konsesi lahan yang diduga melakukan pembakaran hutan.

"Dalam bidang penindakan, sudah ada 19 konsesi lahan yang disegel. Ada indikasi pembakaran hutan yang dilakukan secara sengaja," lanjut Siti.

Menteri Siti memastikan pemerintah terus melakukan pemadaman terpadu. Cara ini merupakan bagian dari sistem pengendalian yang telah disusun sejak karhutla 2015. Menurutnya, Indonesia telah melakukan banyak langkah koreksi dan terbukti mampu mengatasi karhutla pada 2016, 2017, dan 2018.

"Pemerintah akan terus bekerja keras menutupi celah-celah yang masih menjadi penyebab terjadinya kebakaran berulang di tahun ini. Kami tidak akanalah apalagi mengalah atas dasar tekanan-tekanan," kata Siti.

Ditegaskan Siti, sebanyak 99 persen karhutla disebabkan oleh faktor perbuatan manusia. "Bagi pihak-pihak yang masih sengaja melakukan pembakaran, kami akan terus kejar dan tindak tegas," ujarnya. (Lka)

TAGS : karhutla

Artikel Terkait