Daerah

Satu Unit Pabrik Gula Hancur Terdampak Karhutla di Cilacap

Oleh : very - Minggu, 15/10/2023 12:41 WIB

Pabrik gula terbakar dalam peristiwa kebakaran di Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah pada Sabtu (14/10) pagi pukul 09.00 WIB. (Foto: Ist)

Jakarta, INDONEWS.ID - Kebakaran lahan terjadi di Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah pada Sabtu (14/10) pagi pukul 09.00 WIB.

Peristiwa tersebut menyebabkan terbakarnya satu unit rumah pabrik gula beserta tiga alat penggiling tebu yang berada di dalamnya.

Merujuk data Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) BNPB yang dikeluarkan pada pukul 18.16 WIB, dilaporkan bahwa api sempat membakar dua puluh hektare lahan yang berada di sekitar pabrik gula tersebut, tepatnya di Desa Ujunggagak Kecamatan Kampung Laut.

“Pada saat kejadian, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cilacap bersama tim gabungan seperti dikutip siaran pers Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, langsung menuju ke lokasi lahan terbakar dan bersama masyarakat berjibaku memadamkan api dengan menggunakan jerigen penyemprot air serta memanfaatkan ranting-ranting pepohonan.

“Upaya tersebut membuahkan hasil dengan padamnya kebakakara pada pukul 15.15 WIB,” ujar siaran pers tersebut.

BNPB mengimbau kepada masyarakat dan pemangku kebijakan di daerah, karena saat ini masih dalam musim kemarau, agar lebih waspada dan berhati-hati menghindari potensi terjadinya kebakaran.

“Antara lain dengan memastikan membuang puntung rokok yang dalam keadaan padam dan hindari meninggalkan pembakaran sampah saat masih menyala,” ujarnya. ***

Artikel Terkait