Nasional

Iman Nahrowi Mundur, Jokowi Tunjuk Hanif Dhakiri PLt Menpora

Oleh : Marsi Edon - Jum'at, 20/09/2019 17:01 WIB

Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri ditunjuk sebagai PLt Menpora oleh Jokowi.(Foto:Kompas.com)

Jakarta,INDONEWS.ID- Menteri Sekretaris Negara Pratikno menerangkan, Presiden Jokowi telah menandatangani Keputusan Presiden(Kepres) untuk mengangkat Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri sebagai Pelaksanan Tugas menteri pemuda dan olahraga. Keputusan presiden tersebut dikeluarkan menyusul pemberhentian Iman Nahrowi sebagai Menpora.

Menurutnya, Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri akan merangkap dua tugas sekaligus. Tugas rangkap ini akan berakhir sampai dengan pembentukan kabinet baru pemerintahan Jokowi jilid kedua.

"Sudah menandatangani kepres pemberhentian Imam Nahrawi dan mengangkat saudara Hanif Dhakiri sebagai plt menteri pemuda dan olahraga. Jadi pak Hanif merangkap dalam sebulan terakhir ini. Selain sebagai Menaker tapi juga Menpora," kata Praktikono kepada media di Istana Negara, Jakarta, Jumat,(20/09/2019)

Pratikno kemudian menjelaskan, pengangkatan Menteri Hanif sebagai PLt Menpora diambil berdasarkan beberapa pertimbangan. Salah satunya yakni karena Menpora telah ditetapkan sebagai tersangka.

Selain itu, jelas Pratikno, Jokowi sendiri melihat, posisi Menpora merupakan jatah untuk Partai Kebangkitan Bangsa. Dengan demikian, PLt ini diberikan kepada kader yang berasal dari PKB sendiri.

"Ya (karena jatah PKB)," jelasnya.

Untuk diketahui, Iman Nahrowi ditetapkan sebagai tersangka karena kasus korupsi uang proposal yang diajukan oleh KONI kepada Kementerian Pemuda dan Olahraga. Imam diduga menerima uang sebagai komitmen fee dari pengurusan proposal tersebut sebesar Rp26,5 miliar.

Penetapan tersangka terhadap Imam dilakukan oleh Wakil Ketua KPK Wakil Ketua KPK Alexander Marwata.Imam ditetapkan sebagai tersangka bersama dengan asisten pribadinya Miftahul Ulum.*

 

 

Loading...

Artikel Terkait