Nasional

Pordasi Selenggarakan Kejuaraan Nasional Equestrian 2019

Oleh : tirto prima putra - Sabtu, 21/09/2019 16:01 WIB

Asep Lesmana salah satu Atlet Berkuda Banten dari APM Equestrian Centre

Jakarta, indonews.id - Kejuaraan Nasional Equestrian 2019 digelar pada 19-22 September 2019 di Jakarta International Equestrian Park (JIEP), Pulomas, Jakarta. Pada kejuaraan yang diselenggarakan Persatuan Olahraga Berkuda Seluruh Indonesia (Pordasi) ini menunjukkan kemampuan dressage (tunggang serasi) dan Jumping (lompat rintangan). Berikut informasi terkait kegiatan ini. 

Venue berlangsungnya kejuaraan ini yakni JIEP merupakan venue yang juga digunakan ketika Asian Games 2018. Venue tersebut adalah salah satu Equestrian terbesar di Asia Tenggara. JIEP memiliki luas 32,25 hektar dan kapasitas tribun sekitar 1.000 orang di tambah VIP 500 undangan.

Selanjutnya terkait peserta, tentunya sebagai kejuaraan nasional, peserta berasal berbagai provinsi di Indonesia. Ketua pelaksana kegiatan ini yang juga Ketua Umum Pordasi, Mohammad Saddak menyampaikan bahwa Kejuaraan Nasional ini diikuti 6 provinsi. 

Beberapa provinsi yang mengikuti kompetisi ini antara lain Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur dan Sumatera Barat. Seluruh provinsi tersebut tergolong yang terdepan dalam prestasi dan kegiatan Equestrian. 

Kejuaraan ini memperebutkan total 60 medali. Terdapat 8 nomor perlombaan yakni dressage individual open, dressage individual U21, dressage team open, dressage team U21, Jumping individual open, Jumping individual U21, Jumping team open, dan Jumping team U21. Setengah dari pendaftar kejuaraan merupakan atlet usia dini. 

Kemudian, terkait sponsor, Kejuaraan Nasional ini di dukung oleh sponsor tunggal yakni Aragon Horse Feeds, produsen pakan kuda. Karissa Fitria Saddak, mengatakan bahwa Kejuaraan Nasional Equestrian 2019 ini merupakan kejuaraan pertama setelah sekian lama. Oleh karenanya, menjadi sponsor kegiatan tersebut menjadi bergengsi untuk perusahaannya.

Aragon Horse Feeds sendiri adalah produsen pakan kuda yang dihasilkan dari bahan lokal. Dapat dikatakan 100% produk asli Indonesia tanpa menggunakan ekspors sedikit pun.

Kegiatan kali ini juga di dukung oleh Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) yang menjadi wadah Cabang Olahraga termasuk Pordasi. Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Marciano Norman turut hadir dalam Kejuaraan Nasional hari ini. Pada penganugerahan medali kepada para pemenang di akhir kegiatan, Marciano Norman diberikan kehormatan untuk menyematkan medali kepada para juara. 

Loading...

Artikel Terkait