Profile

Mengenal Jhon Wempi Wetipo Wakil Menteri PUPR di Kabinet Indonesia Maju

Oleh : Rikardo - Jum'at, 25/10/2019 16:30 WIB

Wakil Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Jhon Wempi Wetimpo (Foto: LintasPapua).

Jakarta, INDONEWS.ID - Presiden Joko Widodo menunjuk Politisi PDI Perjuangan John Wempi Wetipo menjadi Wakil Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Hal itu diumumkan Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (25/10/2019) siang.

Wempi Wetipo menjadi satu-satunya tokoh Papua yang menduduki Kabinet Indonesia Maju selama periode kedua 2019-2024 mendatang.

Pasalnya, adapun Bahlil Lahadalia merupakan putra kelahiran Maluku yang tumbuh dan besar di Fakfak Papua. Sehingga, secara darah, hanya Wempi Wetipolah yang benar-benar sosok asal bumi Cendrawasih yang duduk di kabinet Jokowi.

Namun, publik pun bertanya-tanya, siapakah sosok Wempi Wetipo yang dilantik Presiden Jokowi di Istana itu?

Pria kelahiran Jayawijaya, Papua, 15 September 1972 ini bernama lengkap John Wempi Wetipo, S.H., M.H. Ia merupakan mantan Bupati Jayawijaya selama dua periode, yaitu 2008-2013 dan 2013-2018.

Dia pernah bersekolah di Universitas Cenderawasih dan tercatat pernah menulis buku berjudul "Gunung versus Pantai Dalam Perspektif Nilai-nilai Hidup Bersama".

Buku yang dia tulis mencerminkan kehidupan orang Papua asli, dimana realita memperlihatkan betapa kerasnya perbedaan ras internal Papua itu sendiri, antara masyarakat yang tinggal di pegunungan dan pesisir Papua.

Salah satu kutipan bukunya ialah "Tidak ada kelompok pesisir atau pantai Papua, tidak ada ras campuran antara pendatang (Melayu dan Pribumi), yang ada adalah Papua".

Selama menjadi Bupati Jayawijaya, Wempi pernah mendapat penghargaan. Antara lain dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Penghargaan dari KPK itu terkait manajemen keuangan yang diterapkan Wempi di Kabupaten Jayawijaya. Atas prestasinya tersebut, ia kembali terpilih memimpin Kabupaten Jayawijaya pada tahun 2013.

Pada 2018 lalu, Wempi ikut serta dalam kontestasi pemilihan gubernur Papua. Namun tekatnya itu kandas di tengah jalan setelah Ia dikalahkan oleh kandidat petahana, yaitu Lukas Enembe yang berpasangan dengan Klemen Tinal.

Wempi beserta pasangannya Habel Meluas Suwae hanya memperoleh suara sebanyak 32,46 persen. Sementara, Lukas Enembe meraih suara lebih banyak yaitu 67,54 persen suara.

Wempi pun dipilih Presiden Jokowi menjadi Wakil Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Indonesia dan dilantik di Istana Negara pada Jum`at (25/10/19) sekitar pukul 14.00 WIB bersama 11 wakil menteri lainnya.(Rikardo). 

Loading...

Artikel Terkait