Bisnis

Soal Pengganti Bos Bank Mandiri, Erick Thohir Pastikan Calonnya Bekas Orang Dalam

Oleh : Ronald T - Rabu, 30/10/2019 15:31 WIB

Menteri BUMN Erick Thohir. (Foto : Ist)

Jakarta, INDONEWS.ID - Menteri BUMN Erick Thohir mengaku telah mengantongi nama calon direktur utama PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. Posisi bos bank pelat merah itu kosong setelah ditinggal Kartika Wirjoatmodjo alias Tiko yang menjadi wakil menteri BUMN.

"(Calon Dirut) Bank Mandiri sudah ada namanya," kata Erick di Kantor Kementerian bidang Perekonomian, Jakarta, Rabu (30/10/2019).

Sebelumnya, Erick mengatakan, pengisian jabatan dirut akan dilakukan lewat mekanisme Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB). Soal jadwal rapat akan ditentukan pekan depan.

“Kalau Bank Mandiri sudah mau RUPS, nanti kita tunggu saja. RUPS-nya (Bank Mandiri) kan Desember, ada prosesnya. Kalau tidak malah menyalahi, kan masih ada pemikiran nanti siapa yang memimpin, tentu bagaimana tim manajemennya,” tutur Erick, Sabtu (26/10/2019)..

Hal ini sesuai dengan ketentuan publikasi yang ditentukan oleh Bursa Efek Indonesia (BEI). Perusahaan bersatus Tbk perlu mempublikasikan pelaksanaan gelaran RUPSLB dalam kurun waktu 45 hari.

“Kalau Bank Mandiri kan yang merupakan Tbk harus ada proses 45 hari, makanya kan saya juga harus bertemu pihak OJK hari senin, mungkin nanti Gubernur BI untuk juga membicarakan ada perubahan di bank-bank BUMN, jangan sampai nanti dibilang tidak ada koordinasi,” ucapnya.

Saat ini, Erick mengatakan, nama tersebut akan diajukan dalam Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) Bank Mandiri pada 20 Desember mendatang. Dia memastikan kandidat yang bakal mengisi posisi dirut tak lagi asing untuk Bank Mandiri meski tidak menyebut namanya.

"Yang pasti bekas lulusan atau masih orang (Bank) Mandiri," ujar dia.

Sebelumnya, kekosongan posisi pucuk pimpinan Bank Mandiri dijabat sementara oleh Wakil Direktur Utama Sulaiman Arif Arianto. Dirut definitif nantinya akan ditentukan dalam RUPSLB perseroan pada akhir tahun. (rnl)

 

Loading...

Artikel Terkait