Nasional

Di Yogyakarta, Mentan Ajak Masyarakat Cintai Pangan Lokal

Oleh : Ronald T - Minggu, 08/12/2019 21:50 WIB

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo. (Foto : Ist)

Jakarta, INDONEWS.ID - Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo mengajak masyarakat untuk mencintai pangan lokal melalui pergelaran acara pangan lokal berbasis UMKM di Benteng Vredeburg Yogyakarta. 

Dalam acara yang bertemakan Sehat Dengan Pangan Lokal, Selamatkan Pangan, Mentan mengatakan, tidak hanya sehat dan bergizi, pangan lokal juga penting dalam memperbaiki kualitas konsumsi masyarakat. Di dalamnya ada peran UMKM yang sangat besar dalam mewujudkan pola pangan impian tersebut. 

“Ini bukan hanya program pemerintah, ini adalah gerakan bersama, bukan hanya Kementerian Pertanian, atau Kementerian Koperasi, ini urusan rakyat, urusan kita semua, semua bisa jalan apabila ada kebersamaan diantara kita, termasuk UMKM yang kita ketahui memiliki ketahanan usaha yang luar biasa, dan salah satu penopang perekonomian bangsa,” ucap Syahrul, Minggu (8/12/2019).

Syahrul mengungkapkan pangan lokal merupakan bagian dari budaya. Untuk itu, budaya tersebut harus dijaga dan ditingkatkan baik dari sisi kuantitas maupun kualitasnya secara masif, dan gerakan itu harus dimulai dari diri sendiri. 

“Kita harus membiasakan diri mengonsumsi pola makan yang sehat dengan pangan lokal yang baik, kita bisa karena terbiasa, kebiasaan ini juga saya terapkan ke diri sendiri, memang harus dipaksa sedikit, tapi pasti bisa, mulai dari diri sendiri dulu,” tuturnya. 

Syahrul menambahkan mengonsumsi pangan lokal, juga sama artinya mencintai petani Indonesia. “Kaum milenial bisa ikut berperan, sekarang anak anak milenial punya startup, semangat muda itu yang harus kita tangkap, kita konsentrasi juga untuk anak milenial agar ikut membangun pertanian khususnya di bidang pangan lokal,” tandasnya. (rnl)

Loading...

Artikel Terkait