Nasional

Ditunjuk Jadi Ketua DPR, Bamsoet Dipesan agar Tidak Lemahkan KPK

Oleh : luska - Senin, 15/01/2018 13:06 WIB

Jakarta, INDONEWS.ID - Ketua Umum Golkar, Airlangga Hartarto resmi menunjuk Bambang Soesatyo menggntikan posisi Setya Novanto sebagai Ketua DPR RI yang baru.

Pelantikan terhadap Ketua Komisi III ini akan dilakukan dalam waktu terdekat.

Selain itu, keanggotaan Bamsoet, sapaan Bambang juga diminta untuk menarik diri dari keanggotaan Pansus Hak Angket DPR untuk KPK yang hingga saat ini masih bergulir.

"Jadi sebelum beliau dilantik sebagai Ketua DPR RI, Parta Golkar telah mngeluarkan intruksi kepada Ketua Fraksi untuk lebih dulu menarik keanggotaan Bamsoet sebagai (anggota) pansus angket KPK," kata Aerlangga di Gedung DPR, Jakarta Pusat, Senin (15/1/2018).

Nantinya, lanjut Airlangga, posisi Bambang di Pansus tak akan digantikan oleh kader Golkar lainnya.

"Partai Golkar punya pandangan jika Pansus KPK akan segera diselesaikan, oleh karenanya dianggap sudah cukup," paparnya.

Airlangga pun berpesan agar DPR di bawah kepemimpinan Bamsoet tak melemahkan KPK sebagai badan pemberantasan korupsi.

"Harus dipastikan mengelola penguatan KPK untuk memastikan pemberantasan korupsi berjalan efektif. Kedua, peningkatan dan harmonisasi serta sinergi antara lembaga penegak hukum, kepolisian, dan kejaksaan," ucapnya.

"Bila Pansus tidak diakhiri pada masa persidangan ini di mana jatuh pada tanggal 14 Februari, maka saya meminta, mengistruksikan kepada pimpina Fraksi Partai Golkar untuk menarik seluruh anggota FPG di pansus tersebut," pungkas Airlangga. (Lka)

 

TAGS : dpr bamsoet kpk

Artikel Terkait