TNI AL Gelar Outbond2018

Oleh : hendro - Kamis, 08/03/2018 17:23 WIB

Personel TNI AL melakukan outbond

Surabaya, INDONEWS.ID- TNI Angkatan Laut kembali menggelar kegiatan Outbound  tahun 2018,  kegiatan ini dibuka secara langsung oleh Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Ade Supandi, S.E., M.A.P., Kamis (08/03/2018). 

Padapenyelenggaraan Outbound  tahun ini  dilaksanakan di Akademi Angkatan Laut (AAL), Bumimoro, Surabaya, Jawa Timur. Bertindak selaku Ketua Panitia Outbound TNI AL 2018 yaitu Gubernur Akademi Angkatan Laut (AAL) Laksamana Muda TNI Wuspo Lukito, S.E., M.M.

Sebelumnya kegiatan Outbound pertama kali dilaksanakan pada tahun 2016 di  Kesatrian Puslatdiksarmil dan Lanudal Juanda, Sidoarjo. Selanjutnya rangkaian kegiatan Outbound TNI AL 2018 akan dilanjutkan dengan paparan dari masing-masing angkatan dan kegiatan lainnya pada hari berikutnya, dari rencananya tiga hari pelaksanaan Outbound TNI AL 2018.

Tujuan  digelarnya kegiatan ini guna menciptakan kesamaan pemahaman dan persepsi terhadap kebijakan pimpinan, menjalin silaturahmi dan meningkatkan soliditas antar peserta, sekaligus sebagai wahana yang efektif dalam melaksanakan introspeksi, evaluasi, transformasi, kepemimpinan, serta meningkatkan kebersamaan dan kerjasama guna menguatkan kembali komitmen untuk terus membangun TNI AL menuju World Class Navy.

Dikatakan oleh Kasal Laksamana TNI Ade Supandi, S.E., M.A.P., saat membuka kegiatan ini bahwa, personel TNI AL harus dibentuk dan dibina menjadi prajurit matra laut yang berkualitas dan berintegritas. Dalam rangka mewujudkan hal tersebut maka diperlukan sebuah sistem pembinaan yang tepat pada level makro maupun mikro, sehingga memberikan jaminan bagi personel untuk mengabdi dan berkarya sesuai kemampuan diri dan tuntutan organisasi.

Ditambahkan Kasal dalam kesempatan itu, peran pembinaan korps (binkorps) dan pembinaan profesi (binprof) hendaknya dapat menjadi ujung tombak dari pembinaan personel itu sendiri. Selain itu dibutuhkan sinergitas antar korps dan profesi untuk bersama-sama membangun dan memajukan TNI AL. ”Pembinaan personel melalui kegiatan outbound akan menguji kebersamaan dan kekompakan kita melalui materi-materi yang membutuhkan konsentrasi dan kerja sama antar tim”, tegas Kasal.

 Pada Outbound TNI AL tahun ini mengangkat tema “Bersama Kita Wujudkan TNI AL Hebat”. Kegiatan ini diikuti kurang lebih 400 peserta yang merupakan para perwira alumni AAL mulai dari lulusan AAL angkatan 28/tahun 1983 sampai dengan angkatan 62/tahun 2017, serta para perwira lulusan Sepamilsuk 2/tahun 1989 sampai dengan Sepa PK 21/ tahun 2014. Selain itu, ikut serta  juga 24 orang perwakilan Taruna AAL yang merupakan para calon perwira TNI AL.  Dari 400 peserta yang ikut dalam kegiatan ini dibagi menjadi 12 tim, dimana setiap timnya terdiri dari 33/34 personel. Ke-12 tim ini melewati berbagai materi Outbound yang menuntut kerjasama tim dan kemampuan tiap-tiap individu.

 Materi Outbound yang disiapkan sebanyak 12 materi, terdiri dari menembak pistol dengan jarak 20 meter, bergandengan tangan, transfer ban, panahan 15 meter, pipa bocor, dayung perahu karet dengan jarak lintasan 50 meter, lempar pisau kapak, spider web, blind walk, titian tali, crazy spidol, piramida, serta perlombaan yel-yel yang menunjukan semangat dan kekompakkan dari setiap timnya. (Hdr)

 

            

 

 

TAGS : TNI AL KASAL

Artikel Terkait