Nasional

Jika Terpilih, Aswari-Irwansyah Janji Tanggung 100% Biaya Pendidikan di Sumsel

Oleh : budisanten - Rabu, 14/03/2018 23:39 WIB

H. Aswari Rivai didampingi Irwansyah pada acara debat di Palembang, Rabu malam (14/3). (foto : ist)

Palembang, INDONEWS.ID - Pasangan calon (paslon) nomor urut 2, Aswari-Irwansyah, mengatakan akan menanggung biaya pendidikan sekolah seratus persen, tanpa membebani APBD daerah di masing-masing 17 kabupaten/kota.

Menurut calon gubernur Aswari Rivai, selama ini pemerintah provinsi hanya menanggung 50% biaya pendidikan. Sementara 50% sisanya dibebankan kepada daerah masing-masing kabupaten dan kota.

Hal itu diungkapkan Aswari saat menghadapi debat perdana segmen 2 oleh KPU Provinsi Sumatera Selatan.

"Itu sudah bagus, tapi masih banyak yang kurang saya rasa seharusnya tidak dibebankan kepada APBD daerah. Jadinya kabupaten kota harus mensuplai dananya (APBD daerah) yang harusnya menjadi kewajiban pemprov," kata Aswari, Rabu (14/3/2018) malam.

Sementara, calon wakil gubernur Irwansyah mengatakan dirinya bersama Aswari telah menyiapkan Kartu Sumsel Cerdas (KSC). Nantinya akan didata secata riil jumlah anak yang menempuh pendidikan di setiap jenjang.

"Kartu sumsel cerdas kami akan mendata lebih riil. Dengan adanya kartu ini diharapkan dapat membawa sumsel baru," kata Irwansyah.

Seperti diketahui sebelumnya, gelaran Pilkada Sumatera Selatan 2018 telah memasuki tahapan debat resmi antar kandidat yang digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Selatan bakal di Ballroom Hotel Novotel, Palembang, Sumatera Selatan pada Rabu (14/3/2018) malam. 

Rakyat Sumsel cerdas untuk memilih Aswari dan Irwansyah. (prima, budsan)

Artikel Terkait