Internasional

Ketua DPR RI Puji Visi Smart Embassy KBRI Singapura

Oleh : hendro - Kamis, 06/09/2018 06:45 WIB

Dubes Ngurah Swajaya bersama rombongan DPR RI di Singapura

Singapura, INDONEWS.ID - Ketua DPR RI, Bambang Soesatyo, memuji upaya KBRI Singapura memberikan perlindungan kepada Pekerja Migran Indonesia (PMI), antara lain melalui pengembangan Smart Embassy.

Dubes RI Ngurah Swajaya juga melaporkan mengenai kenaikan investasi dari Singapura untuk periode 6 bulan pertama 2018 sebesar 38% dibandingkan periode yg sama tahun 2017 menjadi US$ 5,04 Milyar atau setara Rp. 70 triliun. 

Dalam pertemuan disela-sela makan pagi dengan delegasi DPR yg menghadiri ASEAN Inter-Parliamentary Assembly di Singapura, Dubes RI Ngurah Swajaya, menyampaikan pengembangan Smart Embassy untuk Perlindungan WNI dan Diplomasi Ekonomi.

Melalui aplikasi digital, KBRI Singapura memanfaatkan teknologi digital untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, dengan memudahkan publik Indonesia mengakses pelayanan yang diberikan oleh KBRI, melakukan pengaduan dan mengikuti kegiatan KBRI Singapura.

Untuk Perlindungan PMI, KBRI Singapura menerapkan beyond protection yang mencakup pemberdayaan melalui pelatihan keterampilan bersertifikat yang memungkinkan PMI memperoleh pekerjaan yang lebih baik ketika selesai menjadi PMI di Singapura.

Terkait diplomasi ekonomi, KBRI melalui Atase Perdagangan, membuka Showcase menampilkan contoh produk ekspor potensial, termasuk pengembangan Showcase virtual yg berfungsi sebagai market place yang akan didukung starts up e-commerce sehingga memungkinkan interaksi yg lebih mudah antara importir potensial dengan eksportir potensial di Indonesia.
 
Ketua DPR Bambang soesatyo menilai wajar inisiatif yang diambil KBRI Singapura ini karena menurutnya, KBRI harus memberikan jaminan keamanan dan kenyamanan bagi semua WNI yang tinggal di Singapura.

"Serta harus bisa memotivasi dan memberikan pencerahan kepada masyarakat Indonesia di negara pulau itu,"kata politisi Golkar itu.

Hal ini disampaikannya ketika bertemu Dubes Ngurah Swajaya di Singapura (05/09/2018) sebelum kunjungan kehormatan para Ketua Parlemen kepada Presiden Singapura.
 
Dubes Ngurah Swajaya sependapat, dan pada kesempatan itu menjelaskan bahwa KBRI Singapura sedang membantu  merealisasikan inisiatif pengembangan “10 New Bali” yg dicanangkan Presiden Jokowi saat pertemuan retreat dg PM Lee Hsien Loong dari Singapura saat memperingari 50 tahun hubungan diplomatik Indonesia-Singapura tahun 2017 di Singapura. Pengembangan 10 New Bali akan menambah destinasi pariwisata yang baru dan destinasi investasi infrastruktur di 10 lokasi dimaksud, yang meliputi Danau Toba, Tanjung Kelayang (Belitung), Tanjung Lesung, Kepulauan Seribu, Bromo-Tengger, Borobudur/Prambanan, Mandalika (Lombok) Labuan Bajo, Wakatobi, dan Morotai.

Saat ini, Danau Toba dan Belitung akan segera dihubungkan dengan penerbangan langsung dari Singapura.
 
Di bidang perdagangan, hubungan perdagangan kedua negara ditandai dengan surplus untuk produk-produk non-migas Indonesia, meskipun secara total masih defisit apabila dimasukkan komponen impor migas Indonesia dari Singapura. 

Sementara itu di bidang pariwisata, Dubes Ngurah Swajaya menjelaskan bahwa wisatawan asal Singapura menduduki urutan kedua terbesar wisatawan manca negara   berkunjung ke Indonesia.
 
Ketua DPR RI Bambang Soesatyo didampingi Wakil Ketua DPR, Fadli Zon dan Ketua Badan Kerjasama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI, Nurhayati Ali Assegaf, Muhammad Misbakhun (Fraksi Golkar), Ahmadi Noor Supit (F-Golkar) dan Aboe Bakar Alhabsy (F-PKS) berada di Singapura untuk kunjungan muhibah selama 3 hari, 3-5 September 2018. Kehadiran Ketua dan Delegasi DPR-RI di Singapura untuk menghadiri Sidang ke-39 AIPA (ASEAN Inter-Parliamentary Assembly).(hdr)
 
​​​​

Artikel Terkait