Politik

Berikut Proses Penyusunan Pertanyaan Debat Keempat Hingga Penunjukkan Moderator

Oleh : luska - Selasa, 26/03/2019 15:55 WIB

Ilustrasi gedung KPU (istimewa)

Jakarta, INDONEWS.ID - Komisi Pemilihan Umum (KPU) punya mekanisme baru sebelum panelis menyusun pertanyaan, lewat focus group discussion (FGD) dengan sejumlah tokoh masyarakat, dan moderator debat ikut dalam FGD. Namun, untuk pertanyaannya, hanya panelis yang tahu.

FGD yang diagendakan pada 27 Maret mendatang akan diikuti oleh sembilan panelis, akademisi, hingga tokoh masyarakat. komisioner KPU Wahyu Setiawan memastikan peserta FGD ini merupakan orang yang tidak memiliki kepentingan politik.

"FGD ini mekanisme terbaru yang kita pilih, manfaatnya untuk memberi masukan kepada panelis untuk memperkaya khazanah panelis menyusun materi," jelas Wahyu di Gedung KPU, Jakarta, Selasa (26/3/2019).

Mekanisme selanjutnya, setelah menyamakan persepsi dan tercukupnya soal tema debat, panelis kemudian akan menandatangani pakta integritas penyusunan pertanyaan. Hal ini dimaksudkan untuk menjaga kerahasiaan daftar pertanyaan yang akan disusun nanti.

Sampai pada sesaat sebelum debat dimulai, pertanyaan akan dicermati oleh moderator agar dapat dilontarkan dengan bahasa yang mudah dipahami peserta debat dan masyarakat yang menonton, baik di dalam ruangan debat maupun dari televisi penyelenggara.

Berikut daftar NGO, LSM dan Stakehoder yang diundang KPU dalam kegiatan FGD Pembahasan isu strategis debat capres keempat:

1.Pengurus Pusat (PP) Muhammadiyah
2.Pengurus Besar Nahdatul Ulama (PBNU)
3.Pimpinan FPCI (Foreign Policy Community Indonesia)
4.Indonesian Diaspora Network (IDN) Global
5.Centre For Strategic And International Studies (CSIS)
6.Center for Global Civil Society Studies UI
7.Pimpinan Indonesia Corruption Watch (ICW)

Debat pilpres keempat ini akan diikuti oleh capres dan diselenggarakan pada 30 Maret 2019 di Hotel Shangri-La, Jakarta. Debat akan mengusung tema Ideologi, Pemerintahan, Pertahanan dan Keamanan, Hubungan Internasional.

Moderator untuk debat keempat Pilpres 2019 adalah Retno Pinasti dan Zulfikar Naghi.

selain moderator, terdapat beberapa nama host yang akan bertugas dalam debat. Nama-nama host ini akan memandu jalannya pengundian pertanyaan hingga host pada saat acara off-air.

Host untuk prosesi pengujian debat keempat adalah Wanda Dwi Utari dan Rory Asyari. Host untuk press conference debat keempat adalah Aviani Malik dan Reza Ramadhansyah, kemudian Host off-air dan wall of fame debat keempat adalah Prisca Niken dan Wahyu Wiwoho. (Lka)

Artikel Terkait