Politik

Alami Dinamika yang Besar, Kepemimpinan Puan Maharani Diuji

Oleh : very - Rabu, 02/10/2019 09:01 WIB

Ketua DPR RI Puan Maharani bersama keempat unsur Wakil Ketua DPR RI, usai disumpah dalam sidang paripurna DPR, Selasa (1/10). (Foto: Tribunnews.com)

Jakarta, INDONEWS.ID -- DPR RI baru saja selesai memilih pimpinan untuk periode 2019-2024, pada Selasa (1/10). Terpilih sebagai Ketua DPR RI yaitu Puan Maharani dan empat wakil ketua yaitu, Aziz Syamsuddin, Sufmi Dasco Ahmad, Muhaimin Iskandar dan Rahmat Gobel.

Puan merupakan perempuan pertama yang memimpin DPR, setelah sebelumnya diisi oleh para kaum pria. Sebut saja, Akbar Tanjung, Marzuki Alie, Setya Novanto, dan terakhir Bambang Soesatyo.

Tentu hal ini menjadi prestasi tersendiri bagi putri Megawati Soekarnoputri itu. Karena itu muncul banyak apresiasi sekaligus dukungan agar Puan bisa memimpin lembaga yang dikonotasikan sebagai lembaganya kaum “maskulin” itu.

Salah satu apresiasi itu muncul dari pengamat politik President University, Muhammad AS Hikam.

“Alhamdulillah DPR RI 2019-2024 dipimpin Puan Maharani, yang mengukir sejarah sebagai perempuan yang pertama dalam sejarah politik negeri kita. Sebagaimana sang ibunda, Megawati Sukarnoputri yang mengukir sejarah sebagai Presiden pertama dari kaum perempuan RI, capaian ini tentu harus kita syukuri dan apresiasi serta catat dengan tinta emas,” ujar Hikam, di Jakarta, Rabu (2/10).

“Insya Allah dengan pengalaman Puan Maharani yang telah cukup panjang dan dalam berbagai penugasan, mulai dari kader partai, anggota Parlemen, Ketua Fraksi, Menteri Koordinator dan kini Ketua DPR, beliau akan mampu membawa DPR RI lebih baik,” lanjutnya.

Menurut Hikam, lembaga perwakilan rakyat hari hari ini dan kedepan akan terus mengalami dinamika yang besar. Dan kepemimpinan Puan Maharani akan diuji apakah akan berhasil menjadikannya sebagai salah satu sumber kekuatan  demokrasi sesuai amanat reformasi 1998.

“Selamat bekerja kepada Puan Maharani dan selamat kepada rakyat Indonesia dengan capaian bersejarah ini!,” pungkasnya. (Very)

 

Artikel Terkait