Nasional

Peringati Hari Pahlawan, Bamsoet Ajak Generasi Muda Teruskan Perjuangan Dengan Kegiatan Positif

Oleh : Ronald - Minggu, 10/11/2019 14:59 WIB

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo. (Foto : istimewa)

Jakarta, INDONEWS.ID - Ketua MPR Bambang Soesatyo (Bamsoet) menyatakan bangsa yang besar adalah bangsa yang selalu mengenang jasa para pahlawannya. Karena itu, seluruh lapisan masyarakat di Indonesia diminta tidak sekadar mengingat jasa para pahlawan yang telah mendedikasikan dirinya untuk kemerdekaan Indonesia, tetapi, juga menerapkan spirit mereka dengan menjaga keutuhan NKRI.

"Saat ini perjuangan yang kita lakukan bukan lagi mengangkat bambu runcing ataupun senjata. Ancaman nyata saat ini adalah masalah intoleransi dan radikalisme. Tugas kita bersama untuk menjaga keutuhan NKRI," ujar Bamsoet seusai mengikuti Upacara Peringatan Hari Pahlawan di TMP Kalibata, Jakarta, Minggu (10/11/19).

Bamsoet juga mengajak seluruh elemen bangsa, khususnya kaum muda, untuk meneruskan perjuangan yang telah dirintis para pahlawan, dan mengisi kemerdekaan dengan kegiatan yang positif. Selain, berkontribusi serta mencintai dan mengharumkan nama bangsa Indonesia dengan selalu menjaga nilai-nilai luhur Pancasila.

“Kemendikbud melalui Ditjen Pendidikan Dasar dan Menengah harus memasukkan kembali kurikulum tentang pelajaran sejarah bangsa dan negara dalam mata pelajaran. Baik di tingkat SD, SMP, dan SMA, agar mengenal perjuangan para pahlawan untuk kemerdekaan Republik Indonesia,” tutur Bamsoet.

Wakil ketua umum Pemuda Pancasila itu meyakini majunya sebuah bangsa tergantung bagaimana pemudanya. Dengan begitu, generasi muda juga wajib mengenal sejarah bangsanya sendiri.

“Ketahanan bangsa Indonesia dapat terwujud apabila generasi muda dapat mengenal jati diri bangsanya. Karenanya, sangat penting menumbuhkan rasa nasionalisme yang tinggi di kalangan milineal," ucap Bamsoet.

Selain itu, mantan ketua DPR itu juga mengajak para koleganya yang mendapatkan amanah sebagai pejabat publik penyelenggara negara, untuk dapat menjaga amanah sebaik mungkin. Dengan begitu, mereka bisa menjadi teladan bagi generasi selanjutnya.

"Apa yang kita nikmati hari ini merupakan buah dari perjuangan pendahulu bangsa. Karenanya, kita juga harus meninggalkan berkah bagi generasi mendatang. Menjadi Pahlawan di masa kini tak perlu mengorbankan harta apalagi nyawa. Cukup dengan menjadi warga negara yang baik, dan menjalankan amanah sebagai pejabat publik dengan sebaik mungkin dalam berjuang membangun bangsa," tutur Bamsoet.

Upacara Peringatan Hari Pahlawan ini dipimpin Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu turut dihadiri Wakil Presiden Ma`ruf Amin serta para menteri dan pejabat setingkat menteri.

Mereka antara lain ada Menko Polhukam, Mahfud MD; Menko Kemaritiman dan Investasi, Luhut Panjaitan; Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian; Menteri Sekretaris Negara, Pratikno; Menteri Sosial Juliari Batubara; Menteri Agama Fachrul Razi; Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, dan; Kapolri Jenderal Idham Azis. (rnl)

Artikel Terkait