Nasional

Hasil Survei: Prabowo Menteri Paling Dipercaya Publik dalam Kabinet Indonesia Maju

Oleh : Rikard Djegadut - Minggu, 24/11/2019 08:30 WIB

Presiden Jokowi dan Menhan Prabowo (Foto: Ist)

Jakarta, INDONEWS.ID - Hasil survei yang dilakukan Indonesia Political Opinion (IPO) menunjukan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto mendapatkan tingkat persepsi kepercayaan publik tertinggi di kabinet Jokowi-Ma`ruf.

Berdasarkan data survei tersebut, tingkat kepercayaan publik terhadap Prabowo Subianto mencapai 24,3 persen. Disusul Menteri Keuangan Sri Mulyani yakni 19,3 persen, dan Menteri Badan Usaha Milik Negara Erick Thohir 11,2 persen.

"Prabowo Subianto dianggap paling sesuai duduk menjadi Menteri Pertahanan," ujar Direktur Indonesia Political Opinion Dedi Kurnia Syah Putra, memaparkan hasil risetnya dalam sebuah acara diskusi di bilangan Menteng, Jakarta Pusat pada Sabtu, (23/11/2019).

Sementara di tingkat terbawah lanjut Dedi ditempati oleh Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian dan Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo.

"Paling kecil kepercayaan masyarakat terhadap Tito Karnavian menjadi Mendagri, dengan angka tingkat kepercayaan 1,0 persen dan Edhy Prabowo 0,7 persen. Mereka dianggap tidak mumpuni di bidangnya saat ini," ujar Dedi.

Survei dilakukan pada akhir 30 Oktober hingga 2 November 2019. Jumlah responden sebanyak 800 orang yang tersebar di 27 provinsi. Metode wawancara menggunakan kuesioner dengan margin of error sekitar 4,5%.

Pertanyaan yang diberikan yakni apakah tokoh dalam kabinet Jokowi dirasa sesuai dengan kementeriannya. Hasilnya, Prabowo Subianto yang dulu merupakan pesaing Jokowi di Pilpres 2019, mendapat kepercayaan publik tertinggi.*(Rikardo).

Artikel Terkait