Nasional

Sekjen PDIP Dukung Seniman Tolak Pembangunan Hotel di Kawasan TIM

Oleh : Ronald - Minggu, 24/11/2019 20:59 WIB

Sekjen PDIP, Hasto Kristiyanto (foto:dok)

Jakarta, INDONEWS.ID - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta bakal membangun hotel bintang lima di Taman Ismail Marzuki (TIM). Namun, beberapa seniman menolak pembangunan tersebut. Terkait hal itu, warganet pun meramaikan #BubarkanTGUPP melalui Twitter hari ini.

Tak hanya itu, Politisi yang juga merupakan Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto  menentang dengan keras upaya revitalisasi yang dilakukan oleh Pemprov DKI Jakarta di Taman Ismail Marzuki (TIM). Menurutnya, Taman yang terletak di bilangan Cikini, Jakarta Pusat itu dianggap sebagai pusat peradaban dan kebudayaan sehingga harus dilindungi oleh negara.

"Kami sangat memahami dan mendukung sikap para seniman, sehingga TIM dengan sejarahnya yang begitu panjang dan bagian dari pusat kebudayaan kita, sebaiknya tidak boleh dibangun hotel bintang lima bahkan bintang 10," kata Hasto, Minggu (24/11/2019).

Dia mengatakan, Indonesia merupakan negara yang punya kepribadian menghargai budaya. Oleh karena itu, Hasto menilai wajar para seniman dan budayawan menolak dengan keras revitalisasi TIM dengan dibangun hotel bintang lima oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Lebih lanjut, kata Hasto, dirinya juga akan memerintahkan Fraksi PDIP di DPRD DKI Jakarta untuk menentang revitalisasi yang dikerjakan PT Jakarta Propertindo (BUMD) itu. Meski revitalisasi sudah termaktub dalam Peraturan Gubernur, Hasto meyakini ada peluang untuk menggagalkannya.

"Kami akan mendorong Fraksi PDIP di DPRD DKI melakukan dialog-dialog. Belum terlambat untuk menyatakan sikap di dalam mendukung apa yang disuarakan oleh para seniman tersebut," tandas Hasto. (rnl)

Artikel Terkait