Daerah

Belitung Juara III Wisata Bahari, Isyak Meirobie: Pengakuan Ini Jadi Stimulator

Oleh : very - Minggu, 22/12/2019 21:43 WIB

Kabupaten Belitung meraih juara III penghargaan

Jakarta, INDONEWS.ID -- Malam ini digelar anugerah “Trisakti Tourism Award”, di Hotel Hotel Grand Sahid, Jakarta, Minggu (22/12). Acara yang digelar oleh DPP PDI Perjuangan Bidang Pariwisata itu dihadiri oleh Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly dan Menteri PPA I Gusti Ayu Bintang Darmawati dan Ketua DPP PDI Perjuangan Bidang Pariwisata, Wiryanti Sukamdani.

Untuk kategori Wisata Bahari juara pertama diberikan kepada Raja Ampat, Papua Barat, diikuti juara dua yaitu Kabupaten Sumbawa, dan juara ketiga Kabupaten Belitung.

Wakil Bupati Belitung, Isyak Meirobie mengatakan gembira dengan pencapaian tersebut. “Kami bersyukur karena dari banyak nominator belitung bisa terpilih menjadi 3 besar terbaik di Indonesia untuk wisata bahari. Artinya pengakuan ini akan menjadi stimulator sekaligus koreksi untuk kami dalam berbenah dan meningkatkan kepariwisataan Belitung secara menyeluruh,” ujarnya kepada media pada Minggu malam.

Dia mengatakan, ke depan, Belitung akan terus menjual eco tourism yang berbasis maritim. “Tentunya ini akan dikombinasikan dengan experience tourism,” ujarnya.

 

(Wakil Bupati Belitung Isyak Meirobie)

Terkait dengan rencana di tahun 2020, Isyak mengatakan, di tahun depan pihaknya akan mengemas berbagai event untuk meramaikan sekaligus menarik kunjungan wisatawan. “Pada tahun 2020 kami mengemas 80 event untuk meramaikan kunjungan wisatawan,” ujarnya.

Seperti diketahui, “Trisakti Tourism Award” ini diikuti total 60 daerah. Lalu dipilih 40 nominator dan terpilih 14 juara dengan masing-masing 4 kategori dan pengharaan khusus. Setiap kategori masing-masing terdiri dari tiga juara, yaitu juara satu, dua dan tiga.

 

Berikut masing-masing juara untuk tiap kategori:

A.Kategori Wisata Bahari:

Pemenang 1 : Kabupaten Raja Ampat

Pemenang 2 : Kabupaten Sumbawa

Pemenang 3 : Kabupaten Belitung

B. Kategori Ekowisata:

Pemenang 1 : Kabupaten Banyuwangi

Pemenang 2 : Kabupaten Kulon Progo

Pemenang 3 : Kota Batu

C. Kategori Wisata Warisan Budaya:

Pemenang 1 : Kabupaten Tabanan

Pemenang 2 : Kabupaten Sumba Barat Daya

Pemenang 3 : Kabupaten Payakumbuh

D. Kategori Wisata Kuliner dan Belanja:

Pemenang 1 : Kota Semarang

Pemenang 2 : Kota Surakarta

Pemenang 3 : Kota Medan. 

(Very)

 

Artikel Terkait