Daerah

DPW PKS Lampung Ucapkan Selamat Natal kepada Umat Kristiani

Oleh : very - Senin, 23/12/2019 22:15 WIB

Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI) Bandar Lampung mengadakan dialog kebangsaan sekaligus ibadah perayaan Natal civitas GMKI Bandar Lampung beserta Pemuda-pemudi se-provinsi Lampung dengan tema “Memaknai Natal dalam Ke-Bhinekaan” yang dilaksanakan pada Kamis, 19 Desember 2019. (Foto:Ist)

Jakarta, INDONEWS.ID – Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI) Bandar Lampung mengadakan dialog kebangsaan sekaligus ibadah perayaan Natal civitas GMKI Bandar Lampung beserta Pemuda-pemudi se-provinsi Lampung dengan tema “Memaknai Natal dalam Ke-Bhinekaan” yang dilaksanakan pada Kamis, 19 Desember 2019. Sesuai dengan tema, tujuan dari acara ini adalah untuk  menjaga nilai pluralitas dalam kebhinekaan yang ada di provinsi Lampung.

Dialog kebangsaan berlangsung sebelum Perayaan Natal bertemakan “Peranan Pemuda dalam Tahap Deradikalisasi Untuk Menjaga Nilai Pluralitas pada Bingkai Kebhinekaan”.

“Dialog kebangsaan ini memberikan pemahaman kepada pemuda-pemuda Kristen di provinsi Lampung tentang paham radikalisme dan membuka pemahaman tentang konsep deradikalisasi,” ujar Ranto Sadwijan Ambonius Pasaribu, Ketua cabang GMKI Bandar Lampung melalui siaran pers, Senin (23/12).

Ibu Chusnunia Chalim, Wakil Gubernur Lampung yang diwakilkan oleh Kepala Badan Kesbangpol, Fitter Syahbudin membuka acara tersebut. Dialog kebangsaan tersebut dihadiri oleh narasumber dari berbagai stakeholder yaitu Ketua DPW PKS, H. Ahmad Mufti Salim, Attesia Naomi Nainggolan, M. Si, sebagai perwakilan LIPI, Mikhail Gorbachev Dom, S. Si, M.Si jubir DPP PSI, Sahat Martin Philip Sinurat, Sekretaris Umum GAMKI, dan Benny Pattinasarany yang sekaligus sebagai pengkhotbah dalam acara Natal.

Ketua DPW PKS H. Ahmad Mufti Salim, Lc,A. yang mewakili Presiden PKS Sohibul Iman, Ph.D menyampaikan apresiasi atas dialog kebangsaan yang dilaksanakan GMKI.

“Setiap agama berpotensi terpapar radikal. Membenarkan apa yang menjadi keyakinan sudah pasti, tetapi menyalahkan keyakinan orang lain itu adalah sikap radikal. Karena itu, penting sekali membangun narasi untuk memperkuat persaudaraan dan merawat kebhinekaan. Itu yang menjadi poin pertemuan antara DPP PKS dengan PGI di Sekretariat PGI di Jakarta,” ujar Ahmad Mufti.

Dia mengatakan, PKS sering dikaitkan dengan kelompok muslim yang radikal. Menurutnya stigma itu harus dihilangkan, salah satunya dengan menghadiri acara-acara keberagaman.

Sementara itu, Sahat Martin Philip Sinurat, Sekretaris Umum GAMKI, mengatakan, pertemuan PKS dan PGI ini di luar dugaan dan merupakan hal baru yang harus mempunyai rencana tindak lanjut hingga ke daerah.

“Ini adalah bagian dari deradikalisasi, membangun narasi-narasi kontra radikalisasi dan membuat kegiatan-kegiatan bersama hubungan antar umat. Dengan sendirinya citra toleran masyarakat terkhusus pemuda akan semakin terbangun,” ujar Sahat.

Menurut Sahat, baru-baru ini pemerintahan telah disusupi oleh kaum-kaum radikal yang menciptakan perda-perda yang mendiskriminasi beberapa kalangan umat beragama, seperti yang terjadi di Sumatera Barat. “Harus ada komitmen terkait hubungan antar agama dan hak memeluk agama, terkhusus oleh setiap partai politik termasuk Partai Keadilan Sejahtera,” ujarnya.

Sepakat dengan yang disampaikan narasumber sebelumnya Mikhail Gorbachev Dom, S. Si, M.Si jubir DPP PSI menegaskan don’t jugde by cover. “Tingkatkan rasa ingin tahu untuk saling memahami dan dewasakan cara berfikir, itu hal konkrit yang setiap pemuda dapat lakukan untuk memulai tahap deradikalisasi,” ujarnya. 

Dialog yang dimoderatori oleh Ketua Cabang GMKI Bandar Lampung berlangsung hingga 2 jam, dan diakhiri penandatanganan secara simbolik yang menyatakan Lampung Kontra Radikalisme dan ditandatangi oleh semua narasumber serta ketua PGIW Lampung Pdt. Christia Putro.

Setelah selesainya dialog kebangsaan, langsung dilanjutkan dengan perayaan Natal. Sebelum perayaan dimulai, Ketua DPW PKS Lampung, H. Ahmad Mufti Salim, mengucapkan selamat Natal untuk seluruh umat Kristiani khususnya yang hadir dalam Dialog Kebangsaan ini. Ucapan selamat Natal dari Ketua DPW PKS ini disambut baik oleh pemuda-pemudi Kristiani yang hadir dalam dialog tersebut. (Very)

Artikel Terkait