Nasional

Pemerintah China Kebut Evakuasi Warganya Pulang ke Wuhan

Oleh : Rikard Djegadut - Minggu, 02/02/2020 12:30 WIB

Kota Wuhan (foto: ist)

Jakarta, INDONEWS.ID - Di saat banyak negara mengevakuasi warganya dari Wuhan dan kota-kota lain di Provinsi Hubei, China yang menjadi pusat wabah virus corona, pemerintah China justru menarik pulang warga Wuhan yang berada di luar negeri.

Dua penerbangan yang mengangkut warga China telah tiba di Wuhan dengan disambut para petugas yang mengenakan alat pelindung seluruh tubuh.

Pesawat carter Xiamen Airlines yang bertolak dari Bangkok, Thailand mendarat di Wuhan, ibu kota Provinsi Hubei pada Jumat (31/1) malam waktu setempat. Seperti diberitakan kantor berita AFP, Sabtu (1/2/2020), otoritas kesehatan dengan mengenakan alat pelindung seluruh tubuh, berdiri di pintu kabin pesawat saat 73 penumpangnya akan turun dari pesawat.

Tak lama setelah itu, penerbangan kedua Xiamen Airlines yang mengangkut warga Hubei dari Kota Kinabalu, destinasi wisata populer di Malaysia, tiba di China.

Sebelumnya, Kementerian Luar Negeri China menyatakan bahwa pemerintah China akan membawa warga Wuhan kembali dari luar negeri "secepat mungkin" karena "kesulitan praktis yang dihadapi warga China dari Hubei, terutama Wuhan di luar negeri".

"Mengingat kesulitan praktis yang dihadapi warga China dari Hubei, khususnya dari Wuhan di luar negeri, pemerintah China memutuskan untuk mengirimkan sejumlah penerbangan carter untuk membawa mereka langsung kembali ke Wuhan sesegera mungkin," ucap juru bicara Kementerian Luar Negeri China, Hua Chunying.

 

Artikel Terkait