Nasional

Jadi Cagar Budaya, Istana Larang Anies Gunakan Area Monas untuk Balapan Formula E

Oleh : Rikard Djegadut - Kamis, 06/02/2020 11:30 WIB

Kawasan Monas Sisi Selatan tandus demi proyek revitalisasi Monas (Foto: ist)

Jakarta, INDONEWS.ID - Jakarta akan menjadi tuan rumah balapan Formula E pada 2020 ini. Namun, Pemerintah Pusat menolak, jika Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan menggunakan kawasan di dalam area Monas sebagai lintasan sirkuit.

Hal itu dikatakan Sekretaris Kementerian Sekretaris Negara, Setya Utomo. Diketahui bahwa pengelolan kawasan Monas, berada di bawah Komisi Pengarah di Kementerian Sekretaris Negara (Kemensesneg).

"Yang soal Formula E, bisa saya sampaikan hasil rapat Komisi Pengarah, bahwa Komisi Pengarah tidak menyetujui apabila dilaksanakan di dalam area Monas. Kalau di luar, silakan," kata Setya usai rapat di Gedung Kemensesneg, Jakarta, Rabu 5 Februari 2020.

Keputusan penolakan itu sudah diambil. Meski demikian, pihaknya memang belum mengirimkan surat resmi atas keputusan itu ke Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan.

Ia melanjutkan, banyak pertimbangan yang membuat pihaknya melarang kawasan Monas sebagai ajang Formula E.

"Di sana, ada cagar budaya yang harus diperhatikan apabila itu dilaksanakan. Kemudian, ada pengaspalan dan lain-lain," katanya.

Dia mengaku akan ada aturan secara rinci. Isinya, soal acara apa saja yang bisa digunakan di dalam kawasan Monas dan acara seperti apa yang dilarang. Formula E dianggap masuk kategori yang dilarang digelar di dalam Monas.*

Artikel Terkait