Daerah

Duh! Di Tanjungpinang, Tren Hubungan Seks Sesama Pria Meningkat Drastis

Oleh : Rikard Djegadut - Minggu, 23/02/2020 21:01 WIB

Ilustrasi pasangan suka sesama jenis (foto: ist)

Jakarta, INDONEWS.ID - Tren hubungan seks sesama jenis terutama lelaki dengan lelaki di Tanjungpinang melonjak drastis dalam beberapa tahun terakhir.

Hal itu dikatakan Kepala Dinas Kesehatan Tanjungpinang, Rustam merespon angka penderita HIV/AIDS, khususnya dari kalangan laki-laki yang juga mengalami peningkatan.

"Sebenarnya bukan hanya di Tanjungpinang, fenomena serupa juga terjadi di berbagai daerah di Indonesia. Sementara penderita HIV/AIDS tiga tahun terakhir didominasi laki-laki. Biasanya antara penderita lelaki dan perempuan itu jumlahnya seimbang," ujarnya," kata Rustam pada Sabtu (22/2).

Namun, Rustam tidak merinci lebih jauh berapa banyak jumlah kaum lelaki/wanita yang menderita HIV/AIDS di kawasan Ibu Kota Provinsi Kepulauan Riau tersebut.

"Secara umum dari data tahun 2019 kemarin, penderita HIV/AIDS se- Tanjungpinang mencapai 100 kasus," ungkapnya seperti dilansir dari Antara.

Rustam menerangkan, penderita HIV/AIDS di Kota Gurindam ini rata-rata diakibatkan perilaku seks yang beresiko, dan hampir semua kasus mengarah ke situ. Sementara, untuk penderita HIV/AIDS melalui penggunaan jarum suntik narkoba sangat jarang terjadi di Tanjungpinang.

"Paling konsumsi sabu-sabu, setelah itu melakukan seks tidak aman, tidak hanya dengan lawan jenis, bahkan sesama jenis," ucapnya.

Dia menambahkan untuk wilayah Tanjungpinang, pasien HIV/AIDS menjalani perawatan di RSUD Pemkot Tanjungpinang dan RSUD Raja Ahmad Tabib milik Pemprov Kepri.*

Artikel Terkait