Nasional

Penjelasan KJRI di Jeddah soal Penangguhan Sementara Akses Masuk Jemaah Umrah ke Saudi

Oleh : Rikard Djegadut - Sabtu, 29/02/2020 10:15 WIB

Jemaah tengah menuiakan ibadah Umrah (Foto: Ist)

Jakarta, INDONEWS.ID - Pemerintah Arab Saudi menangguhkan atau hentikan sementara izin visa untuk tujuan umrah dan mengunjungi Masjid Nabawi yang berlaku mulai Kamis, 27 Februari 2020, akibat meluasnya wabah virus COVID-19 di berbagai negara.

Konsulat Jenderal RI (KJRI) di Jeddah, Eko Hartono mengatakan aturan larangan penanguhan sementara akses masuk ke Arab Saudi berlaku untuk semua negara tanpa terkecuali, termasuk Indonesia. 

"Aturan itu berlaku mulai Kamis, 27 Februari 2020, akibat meluasnya wabah virus COVID-19 di berbagai negara. Termasuk Jemaah Umrah asal Indonesia," kata Eko dalam keterangan tertulis yang diterima Indonews.id pada Sabtu, (29/2/2020). 

Eko menjelaskan, pasca kebijakan penanguhan sementara akses masuk jemaah umrah ke Arab Saudi tersebut, jemaah umrah WNI yang telah tiba pada 27 Februan 2020 hingga menjelang tengah malam, baik melalui Bandara King Abdul Aziz Jeddah maupun Bandara Pnnce Muhammad bin Abdul A212 Madinah langsung dapat menjalankan ibadah umrah sesuai rencana.

"Tidak terdapat jemaah umrah WNI yang dinyatakan positlf terdampak virus corona (COVlD-19) pada saat ketibaan sehingga harus dlpulangkan ke tanah air," tutur Eko. 

Hingga keterangan ini dibuat pada pukul 10.30 WAS, Eko mengatakan, belum ada keputusan resmi apapun yang dlkeluarkan oleh Kerajaan Arab Saudi terkait rencana pencabutan status penangguhan sementara akses masuk WN asing ke wilayah Arab Saudi untuk tujuan umrah dan wisata (bagi negara terdampak). sesuai edaran GACA (General Authority of CM! Avuatlon) tanggal 27 Februan 2020.

"Sesuai dengan edaran GACA tersebut. WNI yang memegang izin tinggal masuh berlaku akan tetap diizinkan masuk ke Arab Saudi. namun akan melalui pemeriksaan kesehatan setlbanya dI bandara Arab Saudi," ungkap Eko. 

Untuk itu, Eko megatakan, pihak KJRI Jeddah menghimbau kepada seluruh Jemaah umrah Indonesia yang tengah menjaIankan ibadahnya di Arab Saudi agar tetap tenang menyelesaikan ibadah umrah tanpa terganggu adanya isu-isu yang belum tentu kebenarannya dengan melakukan pengecekan melalun Perwaknlan RI an Arab Saudi;

"Terus menjaga kesehatan fisik selama melaksanakan Ibadah umrah," imbuh Eko. 

Eko menegaskan, pihak KJRI Jeddah akan terus berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait untuk memastikan agar jemaah umrah WNI dI Arab Saudi dapat melaksanakan Ibadah umrah dengan lancar. Untuk informasi, mohon menghubungi Hotllne KJRI Jeddah (+966503609667). *(Rikardo). 

Artikel Terkait