Nasional

Balitbang Kemenkes: Dari 155 Spesimen PDP, Dua Positif Corona

Oleh : Ronald Tanoso - Selasa, 03/03/2020 22:01 WIB

Virus Corona. (Foto: Ist)

 

Jakarta, INDONEWS.ID - Kementerian Kesehatan melalui Laboratorium Badan Litbangkes (Balitbangkes) hingga Selasa (3/3), sudah melakukan pemeriksaan terhadap 155 spesimen Pasien Dalam Pengawasan (PDP). 

Dari 155 spesimen itu berasal dari 44 rumah sakit di 23 provinsi. Dua dari 155 spesimen itu dua dinyatakan positif corona, yakni pasien anak perempuan (31) dan ibunya (64) yang berdomisili di Depok.

Sekretaris Ditjen P2P atau Jubir Corona, Achmad Yurianto mengatakan spesimen itu diambil sebagai langkah waspada dan antisipasi. 

"Masih ada 2 yang belum selesai diperiksa karena spesimen baru masuk, dan lainnya negatif," katanya di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (3/3/2020).

Dijelaskan Yuri, spesime berasal dari orang-orang yang masuk ke Indonesia dan berasal dari negara yang terdapat kasus corona. Mereka kemudian dipantau, dan apabila ada gejala mengarah ke influenza berat maka akan masuk dalam kategori sebagai PDP.

"PDP ini lah yang kemudian kita periksa spesimennya. PDP ini yang data terakhir ada 155 orang itu. Sekarang masih berjalan terus," ujarnya.

Sesuai SOP, penegakkan status positif maupun negatif harus melalui berbagai tahapan, salah satunya pemeriksaan laboratorium. 

Di Indonesia, Laboratorium Badan Litbangkes milik Kementerian Kesehatan bertanggung jawab memeriksa semua spesimen dari pasien yang diduga terjangkit novel coronavirus. Mereka menjadi pihak yang berwenang untuk mengonfirmasi seseorang mengidap COVID-19 atau tidak. (rnl)

 

Loading...

Artikel Terkait