Bisnis

Mendag: Pasokan Makanan Cukup, Masyarakat Tak Perlu Panik

Oleh : Ronald - Rabu, 04/03/2020 09:40 WIB

Menteri Perdagangan, Agus Suparmanto dalam konferensi pers di Hotel Borobudur, Jakarta, Selasa (3/3/2020). (Foto: Indonews.id)

Jakarta, INDONEWS.ID - Menteri Perdagangan Agus Suparmanto meminta kepada masyarakat agar tak panik dalam berbelanja usai pengumuman dua warga Depok yang positif terjangkit virus corona.

"Pemerintah menghimbau kepada masyarakat agar tidak panik berbelanja yang berlebihan, karena pasokan barang kebutuhan pokok cukup," kata Mendag Agus saat konferensi pers di Hotel Borobudur, Jakarta, Selasa (3/3/2020).

Agus menjelaskan, peristiwa panic buying atau tindakan membeli sejumlah besar produk yang tidak biasa bisa menimbulkan ketidakseimbangan dalam struktur harga, karena permintaan yang tinggi namun stok yang terbatas.

"Panic buying dapat mendorong ketidakpastian harga yang bisa mendorong kenaikan harga akibat pasokan dan supply yang tidak seimbang," kata Agus.

Karena itu, Agus menyarankan kepada masyarakat agar tak panik dan berbelanja sesuai dengan kebutuhannya seperti hari-hari biasa. "Silahkan belanja sesuai dengan kebutuhannya," tandasnya. (rnl)

 

Artikel Terkait