Daerah

Abdul Hakim: Pemberdayaan UMKM Harus Optimal untuk Pengentasan Kemiskinan

Oleh : Mancik - Sabtu, 07/03/2020 14:01 WIB

Kunjungan Anggota DPD RI Abdul Hakim di Kabupaten Tulang Bawang, Provinsi Lampung.(Foto:Istimewa)

Lampung, INDONEWS.ID - Upaya pemberdayaan terhadap sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) mesti harus dilakukan secara optimal dan berkelanjutan. Pentingnya pemdampingan pelaku UMKM secara berkelanjutan yakni untuk pengentasan kemiskinan.

Anggota DPD RI Abdul Hakim dalam kunjungan ke Lampung, Kamis,(5/03), berkesempatan untuk mengunjungi kelompok UMKM yang berada di wilayah Kabupaten Tulang Bawang, Provinsi Lampung. Kunjungan ini dilakukan dalam rangka mendorong sektor UMKM berkembang lebih besar dan maju.

"Pemberdayaan UMKM diselenggarakan secara menyeluruh, optimal, dan berkesinambungan melalui pengembangan iklim yang kondusif, pemberian kesempatan berusaha, dukungan, perlindungan, dan pengembangan usaha seluas-luasnya, sehingga mampu meningkatkan kedudukan, peran, dan potensi UMKM dalam mewujudkan pertumbuhan ekonomi, pemerataan dan peningkatan pendapatan rakyat, penciptaan lapangan kerja, dan pengentasan kemiskinan," kata Abdul Hakim disela-sela kunjungan tersebut.

Pada kesempatan ini, Abdul Hakim menerangkan, pihaknya mendukung penuh pengembangan UMKM masyarakat. Ia akan melakukan komunikasi dengan pemerintah serta pihak-pihak yang membantu mengembangan sektor UMKM di Lampung.

"UMKM sebagai tulang punggung ekonomi nasional harus terus mendapat perhatian, karena UMKM akan mengurangi angka kemiskinan dan meningkatkan indeks pendapatan warga, ini menjadi salah satu tugas saya di Komite IV, untuk menyampaikan kepada pihak-pihak terkait, terrimakasih aspirasi, saran dan masukannya," ungkapnya.

Pada kesempatan ini, Abdul Hakim juga berbicara tentang sensus penduduk, rencana pembangunan, investasi dan penanaman modal, edukasi dan literasi jasa keuangan, pengawasan perda ranperda, serta isu lain yang masih relevan dengan tugasnya sebagai anggota DPD RI.

Sementara itu, warga yang hadir pada kesempatan tersebut, memberikan mengucapkan terima kasih, atas niat baik yang disampaikan oleh Anggota DPD RI Abdul Hakim.

"Saya lihat UMKM kita butuh pembinaan agar bisa lebih kreatif dan didukung pemerintah daerah," kata Beni, peserta yang hadir pada pertemuan tersebut.

Ketua BMT Sapen Wawai Gufron mengucapkan terimakasih atas kehadiran senator Lampung tersebut.

"Selamat datang di tempat kami, kami para pelaku UMKM berharap ada dukungan dari pemerintah agar UMKM ini semakin tumbuh dan berkembang," kata Gufron.*

 

Artikel Terkait