Pojok Istana

Lockdonw Karena Virus Corona, Jokowi: Belum Berpikiran Ke Arah Sana

Oleh : Ronald T - Jum'at, 13/03/2020 22:40 WIB

Presiden Jokowi dalam jumpa pers di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Jumat (13/3/2020). (Foto: Ist)

Jakarta, INDONEWS.ID - Pemerintah Indonesia menyatakan belum memiliki opsi untuk melakukan lockdown atau isolasi wilayah di Indonesia terkait persebaran virus corona (Covid-19).

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Presiden Jokowi dalam jumpa pers di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Jumat (13/3/2020).

“Belum berpikiran ke arah sana,” ujar Jokowi.

Sebagaimana diketahui, beberapa negara sudah melakukan lockdown sebut saja seperti Denmark dan Italia.

Sebelumnya, Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto sebelumnya juga telah menjelaskan tak ada opsi lockdown.

Sementara itu, Terawan juga meminta masyarakat tak panik menghadapi persebaran virus tersebut. Pasalnya, jika panik berlebihan akan berdampak pada imunitas tubuh.

Wabah virus corona muncul di Kota Wuhan, Provinsi Hubei, China, pengujung Desember 2019. Hal ini membuat pemerintah China menutup sejumlah kota di negaranya, namun penyebaran virus corona telah meluas ke negara-negara lain di dunia.

Berdasarkan data penyebaran virus corona dari Johns Hopkins CSSE pada Kamis (12/3) pukul 13.30 WIB, jumlah kasus positif telah mencapai 126.258 dengan jumlah korban meninggal sebanyak 4.638 orang di dunia. Kasus terbanyak ada di China, Italia, Iran, Korea Selatan, Perancis, Spanyol, Jerman, dan Amerika Serikat.

Tercatat ada beberapa penyakit pandemi yang paling mematikan sepanjang sejarah, salah satunya cacar, campak, tipus, flu spanyol, black death, HIV/AIDS. (rnl)

 

Loading...

Artikel Terkait