Nasional

Menciptakan Media Pembelajaran Menarik Lewat Canva untuk Pendidikan

Oleh : very - Sabtu, 21/03/2020 12:01 WIB

Canva untuk pendidikan, menciptakan media pembelajaran yang menarik. (Foto: Ist)

Jakarta, INDONEWS.ID -- Terkadang kita kesulitan untuk mencari media pembelajaran atau pendidikan anak-anak. Hal ini karena media yang ada terbatas pada buku dan hal konvensional lainnya.

Padahal, anak mudah bosan dan enggan untuk belajar jika medianya tidak menarik. Menjadikan mereka kesulitan untuk menyerap pendidikan yang diajarkan untuk mereka.

Media pembelajaran yang menarik sendiri menjadi penting saat ini terutama di masa di mana anak-anak sudah terbiasa menggunakan gadget. Mereka akan dengan mudah mendapatkan informasi yang lebih menarik. Menciptakan tantangan bagi para pelaku pendidikan untuk memberikan materi belajar yang lebih menarik untuk siswa.

Salah satu media pembelajaran menarik yang efektif untuk anak-anak adalah desain grafis. Anak-anak senang melihat sesuatu yang memiliki desain menarik. Apakah itu poster pendidikan, sampai berupa gambar informatif.

Dengan melibatkan siswa dalam pembuatan project dengan Canva untuk Pendidikan, maka anak-anak bisa menciptakan sebuah karya otentik sekaligus menarik. Mereka akan bisa belajar sambil mengasah kemampuan komunikasi visual di dalam kelas.

Platform ini sangat membantu anak dengan beragam medianya yang bervariasi. Dengan 2 juta gambar, 60 ribu lebih template, 800 ribu ikon dan ilustrasi, sampai 700 pilihan font, siswa akan bisa dengan mudah membuat tugas. Apakah itu untuk membuat presentasi, papan iklan, majalah dinding, selebaran, poster, laporan, situs web, sampai infografis.

 

Cara Bergabung dengan Canva untuk Pendidikan

Canva untuk pendidikan sangat mudah untuk diakses. Dengan cara mendaftarkan sekolah, maka kita sudah bisa mendapatkan beragam keunggulan bagi banyak penggunanya. Semuanya gratis!

Beberapa langkah yang harus dilewati di antaranya adalah:

  1. Mengisi formulir mengajar yang disediakan di situs Canva untuk Pendidikan
  2. Setelah mengisi, tim Canva akan melakukan verifikasi aplikasi tersebut
  3. Selanjutnya, kita akan menerima email konfirmasi
  4. Terakhir, kita tinggal melibatkan seluruh kelas untuk bisa menggunakan Canva untuk Pendidikan

Langkah mudah tersebut sangat bisa memulai revolusi dalam cara belajar. Melibatkan siswa menjadi lebih aktif dalam berkarya maupun dalam memahami pelajaran dari media pembelajaran yang efektif.

Beberapa Keunggulan Canva untuk Pendidikan

 

 

Beberapa keunggulan yang sudah dirasakan di antaranya:

1.   Mengajarkan Wirausaha

Beberapa keunggulan Canva untuk Pendidikan di antaranya adalah platform yang mengajarkan banyak hal. Terutama bagi mereka yang ingin mengembangkan bisnis sendiri. Sebuah testimoni dari sebuah sekolah di San Fransisco, Amerika Serikat adalah, siswa kelas 12 mereka bisa mengembangkan bakat dan juga peluang wirausahanya.

Dengan mempelajari desain grafis dengan mudah, maka mereka bisa mendapatkan belajar dan mengembangkan ide baru. Mereka bisa saling berbagi ide kreatif dan berkolaborasi dengan siswa lain, yang di masa depan mungkin akan menjadi partner bisnis mereka.

2.   Membangun Literasi Visual

Desain kini menjadi sebuah skill yang sangat diperlukan, terutama di era serba digital. Semua konten di dalam dunia digital memerlukan desain yang menarik agar semakin banyak sampai ke banyak orang. Misalnya, media sosial yang tentunya banyak digunakan oleh siswa.

Karenanya, dengan memiliki Canva untuk pendidikan, siswa bisa belajar tentang desain grafis dengan mudah. Memahami tata letak, pemilihan warna, penggunaan font, sampai memaksimalkan bentuk dalam desain untuk banyak kebutuhan.

3.   Menciptakan Kolaborasi di Kelas

Bekerja sama dengan teman sekelas adalah sebuah hal yang bisa dilakukan dengan canva untuk pendidikan. Media pembelajaran ini bisa sangat efektif untuk meningkatkan kolaborasi antarsiswa sehingga melatih kemampuan mereka untuk bekerja sama, dan saling bertukar pikiran.

Pekerjaan kelompok seperti membuat presentasi bisa dengan mudah dikerjakan secara kolaboratif, sehingga bisa menghasilkan media pembelajaran menarik yang diciptakan oleh siswa untuk siswa. (*)

 

 

Artikel Terkait