Peter F. Gontha: RR Itu Setia Terhadap Cita-cita, Bukan pada Individu

Oleh : very - Selasa, 24/03/2020 14:01 WIB

Duta Besar RI untuk Polandia Peter Gontha. (Foto: Ist)

Jakarta, INDONEWS.ID Duta Besar RI untuk Polandia Peter Gontha mengungkapkan bahwa komentar-komentar tentang Rizal Ramli (RR) di media sosial itu sangat “cemen”, alias terbawa dalam perasaan.

Dia mengatakan bahwa orang yang berkomentar tersebut sejatinya tidak mengetahui karakter ekonom senior itu sebagai seorang yang teguh pada pendirian dan cita-citanya.

“RR itu setia terhadap cita-cita, bukan individu, berlaku sejak era Soeharto,” ujar Peter Gontha.

Dia mengatakan bahwa orang mengeritik Rizal Ramli dipastikan tidak mengenal diri mantan Menko Kemaritiman itu. “Kayak nggak kenal RR aja? I demand an apology .. disuruh Luhut ya ?,” kata Peter yang juga adalah sahabat Rizal Ramli dan Luhut Binsar Panjaitan itu.

Seperti diketahui, Rizal Ramli akhir-akhir ini sering kali diserang karena berbagai pernyataannya yang mengeritik kebijakan ekonomi pemerintah. Padahal, kritik tersebut berdasarkan argumentasi yang kuat, dan teruji dalam sejarah.

Selain itu, kritik yang dilontarkan Rizal Ramli hanya untuk kepentingan bangsa dan negara dan bukan untuk kepentingan pribadi dan keluarganya. Rizal Ramli sudah selesai dengan kepentingan dirinya sendiri. Baginya, keselamatan rakyat adalah hukum yang tertinggi, vox populi suprema lex.

Saat terjadi krisis keuangan di Indonesia pada tahun 1997/1998, Peter F.Gontha menampilkan pendapat ekonom senior Amerika Serikat Steve Hanke, yang menyarankan agar Rupiah dipatok (pegged) terhadap Dolar AS. Tapi Presiden Soeharto akhirnya termakan bujuk rayuan Direktur Eksekutif IMF, Michel Camdesus, untuk mengambangkan saja nilai Rupiah. Hal ini akhirnya menjadikan Rupiah babak belur, nyungsep di atas Rp15.000/USD. (Very)

Loading...

Artikel Terkait