Nasional

Wantimpres Jokowi Donasikan Seluruh Gajinya untuk Bantu Perangi Corona

Oleh : Rikardo - Selasa, 07/04/2020 17:20 WIB

Para anggota Watimpres Jokowi (Foto: Ist)

Jakarta, INDONEWS.ID - Mewabahnya virus corona SARS-CoV-2 yang melanda ratusan negara di dunia tak dipungkiri memberikan dampak pada sektor bisnis dan ekonomi. Padahal, penanganan virus corona ini pun membutuhkan dana yang tidak sedikit.

Segala upaya dilakukan agar hal-hal penting dalam memerangi pandemi ini tetap tercukupi, termasuk memberikan bantuan dana, baik perseorangan, komunitas, hingga pemimpin negara.

Dewan Pertimbangan Presiden Republik Indonesia (Watimpres) Jokowi yang terdiri atas 9 orang yakni Wiranto, Putri Kus Wisnu Wardani, Dato Sri Tahir, Arifin Panigoro, Sidarto Danusubroto, Agung Laksono, Muhamad Mardiono, Soekarwo, dan Habib Luthfi bin Yahya akan mendonasikan seluruh gajinya untuk membantu pembiayaan penanganan corona serta para pihak terdampak.

"Kami semua Wantimpres bersepakat untuk menyumbangkan seluruh gaji kami masing-masing sampai dengan bencana COVID-19 ini berlangsung," bunyi pernyataan resmi Wantimpres yang diterima INDONEWS.ID, Selasa (7/4/2020).

Nantinya, gaji tersebut akan disumbangkan dalam bentuk bantuan bagi tenaga medis seperti penyediaan APD dan tempat tinggal yang layak, memberikan masker kain dan vitamin kepada masyarakat, serta menyediakan nasi box untuk makan siang atau malam untuk para pekerja harian yang masih harus keluar rumah seperti pengemudi ojol.

Penyaluran sumbangan itu akan disesuaikan dengan pilihan masing-masing Wantimpres, baik secara langsung maupun disalurkan melalui berbagai organisasi yang melakukan gerakan kemanusiaan.

Misalnya saja, Tahir dan Putri K. Wardhani menyumbangkan gaji mereka sebagai Wantimpres dalam bentuk nasi box kepada pekerja ojol dan lainnya yang masih bekerja.

Selain itu, Putri juga menyalurkan dana untuk organisasi yang aktif menyumbang APD dan vitamin untuk para dokter, serta sembako bagi masyarakat yang dirumahkan dari pekerjaannya.

Sementara, Mardiono Bakar menyumbangkan kamar-kamar di kedua hotelnya untuk dihuni petugas medis yang bertugas di Serang, Banten.

Lalu, Wiranto, Sidarto, Arifin Panigoro, Agung Laksono, Soekarwo, dan Habib Luthfi bin Yahya melakukan hal serupa melalui jaringan yang dimiliki masing-masing.

Semua Wantimpres berharap, dengan gerakan ini maka semua komponen bangsa akan ikut bergotong-royong memerangi corona. Wantimpres menilai corona telah memporak-porandakan banyak negara dalam hal besarnya korban nyawa, korban tenaga medis, serta mengakibatkan dampak ekonomi yang tidak kecil.

"(Dampaknya tidak kecil) baik bagi pelaku usaha maupun khususnya para pekerja harian yang pendapatannya turun drastis akibat kebijakan WFH (work from home) atau SFH (study from home) untuk mengendalikan penularan," tulis keterangan tersebut.

"Bencana ini tidak akan meruntuhkan kita, tetapi malah menguatkan tali persaudaraan kita di dalam bersaudara berbangsa dan bernegara. Indonesia pasti bisa mengatasi tantangan ini bersama dan bangkit berjaya. Ayo kita bantu pemerintah untuk membantu semua komponen masyarakat. Tuhan menyertai Indonesia!" tulisa pernyataan itu.*(Rikardo).

Loading...

Artikel Terkait