Gaya Hidup

Ilmuwan Klaim Temukan Sebuah Planet Seukuran dan Suhu Mirip Bumi

Oleh : Rikard Djegadut - Jum'at, 17/04/2020 10:50 WIB

Planet mirip planet Bumi (Foto: Ist)

Jakarta, INDONEWS.ID - Ilmuwan Transatlantik mengklaim telah menemukan sebuah planet ektrasurya seukuran dengan suhu mirip planet Bumi. Planet itu diketahui mengorbit di zona layak huni.

Di daerah di sekitar planet ekstrasurya itu juga memiliki batuan yang dapat mendukung keberadaan air. Demikian data yang dikeluarkan para peneliti itu dengan menggunakan data yang dianalisis ulang dari teleskop ruang angkasa Kepler NASA.

Para ilmuwan menemukan planet yang disebut Kepler-1649c itu ketika melihat hasil pengamatan lama dari Kepler, yang pensiun beroperasi pada 2018.

Para peneliti yang meninjau data Kepler melihat tanda kedua dan mengenalinya sebagai sebuah planet meski pada pencarian sebelumnya dengan algoritma komputer salah mengidentifikasikannya.

Peneliti menyampaikan Kepler-1649c terletak 300 tahun cahaya dari Bumi memiliki ukuran dan suhu yang mirip dengan bumi. Kepler-1649c disebut hanya 1,06 kali lebih besar dari planet Bumi.

Melansir Science Daily, Jumat (17/4) peneliti berkata jumlah cahaya bintang yang diterima Kepler-1649c dari bintang inangnya sebesar 75 persen dari jumlah cahaya yang diterima Bumi dari Matahari. Hal itu, membuat suhu planet ekstrasurya tersebut mungkin sama dengan planet Bumi.

Namun, peneliti berkata Kepler-1649c mengorbit pada bintang katai merah tidak seperti bumi mengorbit mengelilingi matahari.

"Dunia yang menarik dan jauh ini memberi kita harapan yang lebih besar bahwa bumi kedua terletak di antara bintang-bintang, menunggu untuk ditemukan," kata Thomas Zurbuchen, associate administrator dari Direktorat Misi Sains NASA.

"Data yang dikumpulkan oleh misi seperti Kepler dan Satelit Survei Transit Exoplanet kami [TESS] akan terus menghasilkan penemuan luar biasa ketika komunitas sains memperbaiki kemampuannya untuk mencari planet yang menjanjikan tahun demi tahun," ujarnya.

Sejauh ini, peneliti mengaku belum dapat banyak mengetahui tentang Kepler-1649c, termasuk soal atmosfer yang mempengaruhi suhu planet tersebut. Selain itu, Perhitungan terhadap ukuran planet memiliki margin kesalahan yang signifikan, seperti halnya dalam semua penilaian astronomi ketika mempelajari objek yang begitu jauh.

Selain Kepler-1649c, peneliti mengatakan ada exoplanet lain yang diperkirakan lebih memiliki ukuran mirip dengan Bumi, seperti TRAPPIST-1d dan TOI 700d. Kepler-1649c mengorbit bintang katai merah kecilnya begitu dekat. Sehingga satu tahun di Kepler-1649c setara dengan hanya 19,5 hari Bumi.

Melansir Forbes, Kepler-1649c merupakan planet ekstrasurya yang paling mirip yang pernah ditemukan di Bumi dalam hal ukuran dan suhu. Kepler-1649c yang dianggap sebagai dunia baru berjarak 302 tahun cahaya di konstelasi Cygnus. Planet itu mengorbit pada bintang tipe-M yang tidak terlihat dari Bumi.

Bintang tipe-M adalah bintang bermassa rendah yang juga dikenal sebagai katai merah, yang sejauh ini merupakan bintang paling umum yang ditemukan di Bima Sakti.

Bintang katai merah dikenal memiliki satu karakteristik yang mematikan karena bisa menutupi planet yang mengorbit dalam radiasi yang membuat kehidupan sangat tidak mungkin terjadi.