Pojok Istana

Corona Jawa Timur Tinggi, Jokowi Minta Gugus Tugas Beri Perhatian Penuh

Oleh : Marsi Edon - Rabu, 27/05/2020 13:01 WIB

Presiden Joko Widodo.(Foto: Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden)

Jakarta, INDONEWS.ID - Upaya pemerintah dalam mencegah dan menangani kasus Covid-19 akan difokuskan pada daerah yang daerah dengan jumlah kasus positif masih tinggi, terutama di Pulau Jawa.

Pemerintah juga akan memberikan yang sama terhadap daerah lain yakni Sulawesi, Papua dan NTT, dan NTT.

Presiden Jokowi dalam rapat terbatas yang disiarkan secara langsung melalui YouTube Setpres meminta kepada Gugus Tugas Nasional dan semua kementerian untuk memberikan perhatian penuh terhadap penanganan Covid-19 di Provinsi Jawa Timur.

Permintaan tersebut sangat beralasan karena kasus positif Covid-19 di Jatim masih sangat tinggi.

"Saya ingin Gugus Tugas dan kementerian juga fokus pada provinsi yang miliki kasus barunya cukup tinggi. Di Jawa terutama agar dibantu, diberikan dukungan penuh untuk Provinsi Jawa Timur, terutama yang berkaitan dengan kesiapan rumah sakit rujukan, dan rumah sakit daruratnya," kata Jokowi, Jakarta, Rabu,(27/05/2020)

Terhadap kasus positif Covid-19 di Jatim yang masih tinggi, Jokowi menginginkan agar perkembangan kasusnya ditekan sampai angka paling rendah.

Karena itu, ia kembali meminta kepada Menteri Kesehatan, memberikan dukungan penuh terhadap penanganan Covid-19 di daerah Jawa Timur.

"Ini Pak Menkes juga Ketua Gugus Tugas betul-betul saya minta, Jawa Timur jadi perhatian," ungkap Jokowi.

Sama seperti dukungan terhadap penanganan corona di Jawa Timur, Jokowi juga meminta kepada seluruh jajarannya untuk mendukung upaya memutus mata rantai penyebaran kasus di luar pulau Jawa, seperti Sulawesi Selatan, Papua, NTT dan NTB. Dengan demikian, angka kasus Covid-19 dapat dikurangi.

"Termasuk juga provinsi yang lain di luar Jawa yang penambahannya masih cukup tinggi, yaitu di Sulawesi Selatan, di Kalimantan Selatan, di Sumatera Selatan, di Papua, dan di NTB," tutupnya.*

 

 

 

 

Loading...

Artikel Terkait