Pojok Istana

Jokowi Minta Menteri Pariwisata Siapkan Program Promosi Produk Lokal Indonesia

Oleh : Marsi Edon - Kamis, 28/05/2020 14:30 WIB

Presiden Joko Widodo.(Foto: Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden)

Jakarta, INDONEWS.ID - Presiden Jokowi meminta Menteri Pariwisata, Wishnutama, menyiapkan program untuk mempromosikan produk-produk lokal wisata di Indonesia. Hal ini ia sampaikan dalam rangka menghadapi new normal di tengah pandemi Covid-19.

Dalam upaya menghidupkan kembali sektor pariwisata di tengah wabah Covid-19, Jokowi menyampaikan, Kementerian Pariwisata harus menerapkan standar yang aman sesuai dengan protokol kesehatan pencegahan corona.

"Saya minta Menteri Pariwisata menyiapkan program promosi pariwisata di dalam negeri yang aman COVID, termasuk menggencarkan promosi produk-produk lokal dan atraksi pariwisatanya," kata Jokowi pada saat membuka rapat terbatas yang disiarkan YouTube Sekretariat Presiden, Kamis (28/5/2020).

Jokowi menyadari bahwa situsi saat ini masih sangat sulit untuk beraktivitas seperti di situasi normal.Karena itu, ia menegaskan, rencana pelonggaran aktivitas pariwisata disertai dengan pengawasan yang sangat ketat di lapangan.

Pengawasan yang ketat di lapangan diperlukan untuk menjamin keamanan bagi wisatawan luar negeri maupun dari dalam negeri. Selain itu,ada juga jaminan keuntungan bagi para pelaku wisata.

"Tapi sekali lagi, tolong ini lapangannya diikuti dengan ketat sebelum kita membuka sehingga wisatawan, baik domestik maupun luar, bisa berwisata dengan aman dan masyarakat bisa produktif, utamanya bagi pelaku-pelaku pariwisata," jelas Jokowi.

Terkit dengan waktu untuk melaksanakan rencana tersebut, presiden mengingatkan untuk tidak perlu tergesa-gesa. Perlu perencanaan yang matang sesuai dengan perkembangan dan situasi yang berkembang di lapangan.

"Mengenai waktunya kapan, ini tolong betul-betul tidak usah tergesa-gesa, tetapi tahapan-tahapan yang tadi saya sampaikan dilalui dan dikontrol dengan baik," tutupnya.*

Loading...

Artikel Terkait