Daerah

Ingatkan Bahaya Bersepeda Memakai Masker, Sri Sultan : Bisa Bye-bye

Oleh : Ronald - Kamis, 11/06/2020 21:01 WIB

Warga Tengah mengayuhkan sepedanya di salah satu sudut Kota Yogyakarta. (Foto : Ist)

Yogyakarta, INDONEWS.ID - Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Sri Sultan Hamengkubuwono X mengingatkan masyarakat akan bahaya bersepeda jarak jauh dengan menggunakan masker.

Pasalnya menurut Sultan, para pesepeda harus bisa mengukur kemampuan diri. Dengan mengenakan masker saat bersepeda, maka oksigen yang dihirup tidak maksimal.

"Kita pakai masker itu mengurangi oksigen yang masuk di otak kita. Jadi, kalau pakai sepeda, muter 20-30 kilometer, hati-hati pakai masker. Jangan terus-menerus nanti pingsan, gitu lho. Bisa bye-bye," ujar Sultan di Kompleks Kepatihan Pemda DIY, Kamis (11/6/2020).

Sultan mengatakan, menjaga jarak fisik ataupun mengenakan masker memang wajib selama masa pandemi ini. Akan tetapi, bukan cuma protokol pencegahan penularan COVID-19 saja yang perlu diperhatikan ketika bersepeda.

"Yang bersepeda ya sekarang harus punya kesadaran untuk menjaga jarak dan sebagainya. Tapi kalau kira-kira pakai sepeda berolahraga jarak ditempuh itu jauh, tidak sekadar pamer di Malioboro, hati-hati kalau pakai masker," ujarnya.

Raja Keraton Yogyakarta itu pun meminta masyarakat jangan menyepelekan hal semacam itu. Mengingat, dampaknya negatif untuk kesehatan.

"Kita begini (pakai Masker) aja kan kesulitan untuk bernafas, apalagi kalau dia capek. Oksigennya kan kurang 50 persen, ya. Mengingatkan aja," pungkasnya.

Sultan juga berpesan kepada masyarakat agar tetap senantiasa menjaga protokol kesehatan selama pandemi corona ini. Dia tidak ingin pesepeda berkumpul di kawasan Malioboro seperti akhir pekan lalu. Tidak patuh physical distancing dan tidak mengenakan masker.

"Saya memang punya kesepakatan dengan Pak Wali (Wali Kota Yogya) dan Wawali (Wakil Wali Kota Yogya), masuk (Malioboro) tidak pakai masker suruh pulang. Kita lebih baik keras sekarang supaya COVID-19 (gelombang) kedua tidak muncul di Yogya," tandasnya. (rnl)
 
 

Artikel Terkait