Daerah

SMP Nurul Ikhlas Penggagas Webinar Literasi Perdana di Kabupaten Tanahdatar

Oleh : luska - Kamis, 02/07/2020 19:01 WIB

Tanahdatar, INDONEWS.ID --- Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Tanahdatar Drs Riswandi menyampaikan aspresiasinya atas upaya yang telah dilakukan SMP Nurul ikhlas yang telah mengagas Webinar Literasi dan gagasan ini yang pertama di Kabupaten Tanah Datar

Hal itu disampaikan oleh Riswandi   selaku Nara sumber dalam kegiatan webinar Literasi  2020 SMP Nurul Ikhlas Pondok Pesantren  Modren Nurul Ikhlas Pincuran Tinggi Nagari Panyalaian Kecamatan X Koto Kabupaten Tanahdatar  bersama  dan Ketua yayasan  Nurul Ikhlas dan juga Dosen dan wakil Dekan 3 FTIK  IAIN Bukitinggi Drs Supratman Zakir Mpd.M.Kom   dengan moderator elvinator spd 

Kami mewakili atas nama pemerintah daerah meng apresiasi kegiatan ini, karna ini adalah kegiatan Webiner pertama yang dilaksanakan dikabupaten  tanah datar khusunya dibidang pendidikan literasi terutama dalam kondisi pademi ini, kami kedepannya kegiatan ini tetap berlanjut sebagai penunjang kegiatan literasi disekolah sekolah yang ada di tanah Datar.

Terobosan dan inovasi yang dilakukan oleh SMP Nurul Ikhlas ini perlu dicontoh oleh sekolah lain di Tanahdatar dalam menggerakan Literasi sekolah karena pemerintah sudah menetrapkan gerakan literasi dalam proses pembelajaran di sekolah.

Gerakan Literasi Sekolah (GLS) dikembangkan berdasarkan Permendikbud Nomor 21 Tahun 2015 tentang Penumbuhan Budi Pekerti. Gerakan literasi sekolah bertujuan membiasakan siswa untuk membaca dan menulis guna menumbuhkan budi pekerti. Dalam jangka panjang, diharapkan dapat menghasilkan siswa yang memiliki kemampuan literasi tinggi. Yaitu mampu mengakses, memahami,dan menggunakan informasi dengan cerdas.

Pelaksanaan GLS menjadi tanggung jawab bersama pemangku pendidikan. Bukan hanya siswa saja yang menjadi sasaran gerakan ini. Mulai dari kepala sekolah, pendidik, tenaga pendidik, hingga komite sekolah, menjadi target gerakan literasi. Dengan demikian, kegiatan literasi tidak hanya dalam aktivitas belajar mengajar di kelas saja. Namun, juga terlihat di perpustakaan, disetiap pojok baca kelas, dan di lingkungan sekolah. 

Kemudian sejalan dengan  Literasi media adalah kemampuan memahami bentuk media cetak, media elektronik. Literasi teknologi, menuntut siswa mengerti cara menggunakan internet serta memahami etika dalam menggunakan teknologi sehingga melalui kegiatan ini kita harapkan dengan memamfaatkan kemajuan IT SMP Nurul Ikhlas diharapkan bisa menjadi sekolah penggerak kegiatan literasi terkhusus weibinar.   

Sementara itu Kepala SMP Nurul Ikhlas  Delfi Ariandi menyampaikan terima kasih atas dukungan dari Pemerintah Daerah Kabupaten tanahdatar atas kegiatan literasi yang mereka lakukan ini  karena webinar Literasi sudah dipersiapkan 1 bulan lebih kurang,

Kegiatan ini dilaksanakan dalam menumbuh budaya literasi baik dikalangan guru maulun siswa, serta memanfaatkan IT Lierasi Digital secara penuh. Dan yang lebih mengembirakan kita Peserta yg hadir berasal dari Pulau Sumatera dan beberapa dari luar sumatera, dengan menggunakan Aplikasi Ruang ZOOM dengan jumlah peserta 100 org, sedangkan di channel youtube SMP NURUL IKHLAS lebih kurang 200 orang

Sedangkan Ketua yayasan dan Ketua yayasan  Nurul Ikhlas Drs Supratman  Zakir MPd menyambut baik terobosan yang dilakukan SMP Nurul Ikhlas termasuk dukungan dari pemerintah Daerah Kabupaten Tanahdatar dan kita optimis apa yang dilakukan oleh SMP Nurul Ikhlas ini mampu menggerakan literasi sekolah dalam memotivasi anak anak kita berlajar lebih baik lagi apalagi  siswa SMP Nurul Ikhlas  Panyalaian Kecamatan X Koto dalam bidang lietrasi telah mampu meraih prestasi ditingkat Nasional dengan prestasi yang dicapai itu tentu kita berharap prestasi itu bisa dilanjutkan oleh anak didik lainnya dan semuanya akan bisa kita wujudkan  jika kita sudah bersama pihak yayasan,pihak sekolah,guru, orang tua dan siswa sendiri ujarnya dengan optimis.(m.Datuk)

Artikel Terkait