Nasional

Bocoran Reshuffle Kabinet: Posisi Opung Luhut dan Kian Bersinarnya Karir Hasto Kristiyanto

Oleh : Rikard Djegadut - Sabtu, 04/07/2020 09:45 WIB

Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan/Foto: Rachman Haryanto

Jakarta, INDONEWS.ID - Nama Jenderal TNI Luhut Binsar Pandjaitan, M.P.A disebut-sebut tak terkena dampak isu reshuffle menteri Kabinet Indonesia Maju pada periode kedua kepemimpinan Presiden Jokowi bersama Ma`aruf Amin.

Seperti diketahui, isu reshuffle atau perombakan menteri Kabinet Indonesia Maju periode kedua Presiden Joko Widodo atau Jokowi bersama Ma`aruf Amin terus menguat.

Sinyal kuat reshuffle kabinet itu keluar dari mulut Presiden Jokowi sendiri saat Presiden Jokowi memimpin sidang kabinet paripurna.

Alasan Jokowi cukup mendasar. Ia menyayangkan para pembantunya kurang memiliki sense of crisis. Jokowi menuntut para pembantunya bekerja extraordinary di tengah pandemi COVID-19.

Dari informasi yang didapat INDONEWS.ID, terdapat beberapa nama baru masuk dalam jajaran menteri Jokowi-Amin, sementara beberapa nama-lama lainnya digeser ke posisi yang lain.

Namun, ada juga beberapa nama yang saat ini menjabat akan keluar dari KIM dan selebihnya tetap pada posisinya semula. Salah satunya adalah Jendral (purn) TNI Luhut Bisar Panjaitan.

Dari nama-nama yang beredar, nama Opung Luhut, demikian pria asal Medan ini akrab disapa, tetap pada posisinya sebagai Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi yang saat ini dijabatnya.

Adapaun beberapa nama menteri yang digeser ke pos lainnya dalam kabinet di antaranya adalah Prof Dr. Mahfud MD yang menjabat sebagai Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia.

Semula Mahfud MD menjabat sebagai Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan. Posisi yang ditinggalakn Mahfud MD ini lalu diisi oleh Jenderal (Purn) Polisi Budi Gunawan.

Sementara nama yang sama sekali baru dalam jajaran menteri kabinet Jokowi-Amin adalah Sekretaris Jendral PDIP Hasto Kristiyanto. Ia dikabarkan bakal menjabat sebagai Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi.

Tak hanya Hasto, nama lain yang benar-benar baru adalah Agus Harimurti Yudhoyono yang akan menjabat sebagai Menteri Koperasi dan UKM serta Triawan Munaf bakal mengisi posisi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.*(Rikard Djegadut).

Artikel Terkait