Nasional

Tjahjo Kumolo: Seleksi Pegawai Negeri Sipil Dibuka Kembali Tahun 2021

Oleh : Marsi Edon - Selasa, 07/07/2020 13:30 WIB

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan -RB), Tjahjo Kumolo (Foto:Istimewa)

Jakata, INDONEWS.ID - Pemerintah melalui Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) memutuskan, tidak akan melakukan seleski CNPS pada tahun 2020. Pemerintah kembali membuka tes CPNS pada tahun 2021 mendatang.

Penerimaan CPNS pada dasarnya, mempertimbangkan tingkat kebutuhan setiap insntansi pemerintah dan daerah. Selain itu, pertimbangan ketersedian anggaran menjadi salah satu faktor utama bagi pemerintah dalam melakukan proses seleksi pegawai negeri sipil.

"Tahun 2020 tidak ada penerimaan ujian CPNS. Kemungkinan baru dibuka CPNS pada 2021," kata Menteri Pemberdayaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi Tjahjo Kumolo dalam keterangan tertulisnya kepada media di Jakarta, Selasa,(7/07/2020)

Hingga saat ini, pemerintah belum dapat melakukan proses penghitungan tingkat kebutuhan PNS untuk seluruh wilayah di Indonesia. Hal ini terjadi karena fokus pemerintah dalam upaya pencegahan dan penanganan wabah Covid-19.

Adapun masalah ketersedian anggaran, jelas Cahyo, semua kementerian dan lembaga maupun Pemerintah Daerah,telah melakukan proses realokasi dana untuk penanganan wabah Covid-19. Karena itu, masalah anggaran, tidak memungkinkan proses seleksi CPNS untuk tahun 2020.

"Alokasi (kebutuhan PNS) belum bisa ditentukan. Nanti melihat kebutuhan dan ketersediaan anggaran," tutupnya.*

Loading...

Artikel Terkait