Bisnis

Gandeng LinkAja, PNM Lakukan Transformasi Digital Dorong Transaksi Non-tunai

Oleh : Rikard Djegadut - Kamis, 09/07/2020 12:30 WIB

Direktur Permodalan Nasional Madani (PNM) Persero Arief Mulyadi (Foto: Liputan6.com)

Jakarta, INDONEWS.ID – PT Permodalan Nasional Madani (Persero) atau PNM berkolaborasi dengan LinkAja meluncurkan pilot project PNM Mekaar berbasis digital di Pasar Minggu, Jakarta pada Rabu (8/7/20). 

Adapun pilot project berupa pencairan pembiayaan kepada nasabah PNM Mekaar melalui saldo LinkAja sebelumnya telah disepakati melalui penandatanganan nota kesepahaman antara PT PNM (Persero) dan PT FINARYA atau LinkAja. 

Direktur Utama PT PNM (Persero), Arief Mulyadi mengatakan kolaborasi PNM dan LinkAja merupakan dukungan nyata PNM untuk mendorong transaksi non-tunai dan mengembangkan cashless society terutama pada penyaluran pembiayaan Nasabah MekaaR dalam ekosistem nasabah dan mitra PNM.

"Ini juga merupakan bagian dari upaya kami mengembangkan akses jasa layanan inklusi keuangan dalam ekosistem khusus berbasis digital untuk memberi nilai tambah kepada nasabah",kata Arief Mulyadi dalam keterangan yang diterima indonews.id, Kamis (9/7/10). 

Semantara itu, Direktur Utama LinkAja, Haryati Lawidjaja mengatakan kerjasama ini berangkat dari visi utama kami sebagai layanan uang elektronik nasional untuk melayani dan memajukan kualitas hidup masyarakat Indonesia yang sejahtera. 

Dengan dukungan teknologi yang dihadirkan oleh LinkAja di dalam pilot project PNM Mekaar berbasis digital ini, pihaknya berharap dapat menjadi inovasi yang relevan dan solusi yang memudahkan dan memberikan keamanan bagi nasabah PNM Mekaar yang juga merupakan segmen unbanked dan underbanked. 

“Tidak hanya meningkatkan efisiensi waktu dalam proses pencairan pinjaman nasabah, namun proses penyaluran pinjaman secara nontunai ini juga turut menjadi medium edukasi mengenai kemudahan bertransaksi secara elektronik, yang dapat meningkatkan literasi keuangan para nasabah. Transformasi skema penyaluran ini juga tentunya memperkecil risiko pengelolaan uang tunai yang saat ini dihadapi oleh account officer atau pendamping nasabah PNM Mekaar," kata Haryati.

Pada pilot project PNM dan LinkAja melakukan pencairan pembiayaan kepada 10 nasabah PNM Mekaar dengan total pencairan sebanyak 
Rp 72.000.000,- (tujuh puluh dua juta rupiah) di tahap awal.

Nasabah PNM Mekaar yang diikutsertakan dalam program ini merupakan nasabah aktif PNM Mekaar yang telah mendapatkan pembiayaan berkelanjutan serta dianggap telah siap turut dalam transaksi non-tunai. 

Sebelum dilakukan pencairan pembiayaan kepada nasabah, PNM telah melakukan verifikasi data terlebih dahulu untuk memastikan keamanan layanan transaksional ini.

Bagi nasabah PNM Mekaar yang telah memperoleh pencairan pembiayaan melalui saldo LinkAja dapat melakukan tarik tunai di seluruh ATM Himpunan Bank Milik Negara (Himbara) termasuk BRI, BNI, Mandiri, dan BTN serta melalui Alfamart dan Indomaret terdekat.*(Rikard Djegadut)

Artikel Terkait